Visualisasi hasil karya art therapy penderita bipolar di bipolar care Indonesia / Tutimatus Subkhiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Visualisasi hasil karya art therapy penderita bipolar di bipolar care Indonesia / Tutimatus Subkhiyah

Subkhiyah, Tutimatus (2021) Visualisasi hasil karya art therapy penderita bipolar di bipolar care Indonesia / Tutimatus Subkhiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Art therapy bagi penderita gangguan mental merupakan salah satu fenomena yang menarik untuk dikaji. Menurut WHO (2016) dalam Riskesdes (2016) menyatakan bipolar menjadi salah satu populasi tertinggi dalam kasus gangguan jiwa. (Hogan 2001 25)mengatakan visual art therapy dapat dilakukan untuk moral treatment psychoanalysis bagi penderita gangguan jiwa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi gaya visual dan unsur-unsur visual seperti garis bentuk dan ruang warna dan tekstur hasil karya yaitu art therapy. Subjek penelitian ini yaitu anggota Bipolar Care Indonesia (BCI). Sedangkan pada analisa data penelitian ini mengadopsi dari teori Miles and Huberman yang dilakukan dengan cara mereduksi data yang diperoleh di lapangan selanjutnya disajikan dalam bentuk teks naratif/deskriptif. Sebelum menyimpulkan untuk memberikan jawaban atas permasalahan dilakukan pengecekan terhadap keabsahan data dengan meng-triangulasi sumber data. Penelitian yang berbasis deskriptif kualitatif dengan analisis visual ini memaparkan data mengenai gaya visual dan unsur-unsur pada karya art therapy penderita bipolar di BCI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267814

Actions (login required)

View Item View Item