Dwiyanti, Faradilla Rizky (2022) Pengembangan media 中印节日 [zhōng yìn jiérì] berbasis powtoon untuk matakuliah pemahaman lintas budaya prodi pendidikan bahasa Mandarin UM / Faradilla Rizky Dwiyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk pengembangan berupa media pembelajaran 中印节日 [zhōng yìn jiérì] berbasis PowToon. Media pembelajaran [zhōng yìn jiérì] merupakan media pembelajaran untuk mempelajari hari raya di Tiongkok dan Indonesia melalui bantuan audio visual. Pada penelitian dan pengembangan ini diterapkan model ADDIE sebagai prosedur penelitian. Model ADDIE memiliki lima tahapan yaitu 1) analyze 2) design 3) development 4) implementation dan 5) evaluation. Penelitian ini menggunakan lembar angket sebagai instrumen untuk mengumpulkan data kualitatif dari ahli materi ahli media dan subjek penelitian. Sebelum diimplementasikan media pembelajaran [zhōng yìn jiérì] sebagai produk pengembangan divalidasi terlebih dahulu oleh ahli materi dan ahli media. Hasil validasi menunjukkan bahwa produk pengembangan ini sudah layak digunakan sebagai media pembelajaran. Namun terdapat beberapa hal yang masih perlu direvisi. Setelah direvisi berdasarkan masukan para ahli selanjutnya media [zhōng yìn jiérì] diujicobakan kepada 56 mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin angkatan 2021 yang memprogram matakuliah Pemahaman Lintas Budaya. Berdasarkan hasil uji coba media pembelajaran [zhōng yìn jiérì] menarik dapat membantu mahasiswa dalam mempelajari materi dan dapat digunakan sebagai sarana belajar mandiri.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Aug 2022 04:29 |
Last Modified: | 10 Apr 2023 06:44 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/267738 |
Actions (login required)
View Item |