Pengembangan video pembelajaran berbasis official account line untuk pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Mandarin tema sh?ngrì untuk kelas 10 SMAN 6 Malang / Panjiwira Sakti Putra Fauzi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan video pembelajaran berbasis official account line untuk pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Mandarin tema sh?ngrì untuk kelas 10 SMAN 6 Malang / Panjiwira Sakti Putra Fauzi

Fauzi, Panjiwira Sakti Putra (2022) Pengembangan video pembelajaran berbasis official account line untuk pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Mandarin tema sh?ngrì untuk kelas 10 SMAN 6 Malang / Panjiwira Sakti Putra Fauzi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan menciptakan video pembelajaran pada Akun Official LINE (OA LINE) ldquo Belajar HSK rdquo yang digunakan untuk membantu siswa kelas X MIPA 1 SMAN 6 Malang dalam mempelajari keterampilan berbicara bahasa Mandarin. Teknik analisis data dalam penelitian dan pengembangan ini menggunakan deskriptif kualitatif prosedur penelitian menggunakan prosedur penelitian dan pengembangan milik Sugiyono yang telah dimodifikasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 SMAN 6 Malang. Data dalam penelitian dan pengembangan ini menggunakan data hasil validasi ahli materi dan ahli media hasil observasi dan hasil angket respons siswa. Hasil validasi ahli materi dan ahli media menyatakan bahwa ldquo valid dengan revisi rdquo . Tiga observer menyatakan bahwa penggunaan video pembelajaran pada akun OA LINE ldquo Belajar HSK rdquo dapat membantu pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Mandarin siswa menjadi lebih aktif dan antusias dalam proses pembelajaran. Total hasil angket dari 14 siswa menyatakan bahwa video pembelajaran ini cukup menarik dan dapat membantu pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Mandarin. Saran peneliti untuk pengembang selanjutnya adalah (a) Menambahkan lebih banyak kosakata dan contoh penggunaan setiap kosakata sesuai kondisi yang berlaku yang ada pada video pembelajaran agar isi materi lebih beragam dan siswa lebih memahami kosakata yang disajikan. (b) Mengembangkan video pembelajaran melalui platform media sosial yang berbeda seperti youtube short dan Instagram agar sasaran video pembelajaran ini lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267736

Actions (login required)

View Item View Item