Sholikah, Enif Patuh (2022) Pengembangan media kamus mini bahasa Mandarin bergambar sebagai penunjang pembelajaran kosakata bahasa Mandarin siswa Kelas XI SMA Negeri 6 Malang / Enif Patuh Sholikah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan dari penelitian dan pengembangan adalah mengembangkan media yang dapat menunjang pembelajaran kosakata bahasa Mandarin yaitu kamus mini Bahasa Mandarin bergambar. Media kamus mini bahasa Mandarin menggunakan kosakata yang setara dengan HSK 1 dan menyesuaikan dengan kurikulum pembelajaran serta tema di SMA Negeri kelas XI pada semester ganjil yaitu kehidupan keluarga. Model penelitian dan pengembangan yang peneliti gunakan adalah model ADDIE. Model penelitian dan pengembangan ini memiliki 5 langkah yaitu Analyse (analisis) Design (perancangan) Develop (pengembangan) Implement (implementasi) dan Evaluate (evaluasi). Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 6 kelas XI lintas minat. Media kamus mini bahasa Mandarin telah divalidasi oleh ahli materi dan ahli media media ini juga telah diujicoba dan dilakukan penyebaran secara terbatas. Data yang diperoleh peneliti berdasarkan data dari angket validasi ahli materi validasi ahli media uji coba dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Media kamus mini bahasa Mandarin dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam pembelajaran kosakata bahasa Mandarin dan pembelajaran lebih mudah serta menyenangkan. Berdasarkan angket validasi ahli materi validasi ahli media angket siswa dan lembar observasi diketahui bahwa Media kamus mini bahasa Mandarin layak digunakan dalam pembelajaran kosakata bahasa Mandarin.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Aug 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/267721 |
Actions (login required)
View Item |