Pengembangan e-modul shùnlì xi? hànzì untuk melatih keterampilan menulis siswa kelas x-mipa SMAK Santa Maria Malang / Bella Aji Natasha - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul shùnlì xi? hànzì untuk melatih keterampilan menulis siswa kelas x-mipa SMAK Santa Maria Malang / Bella Aji Natasha

Natasha, Bella Aji (2022) Pengembangan e-modul shùnlì xi? hànzì untuk melatih keterampilan menulis siswa kelas x-mipa SMAK Santa Maria Malang / Bella Aji Natasha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan E-MODUL Sh ugrave nl igrave xi h agrave nz igrave untuk melatih siswa kelas X-MIPA 2 SMAK Santa Maria Malang dalam menulis hanzi.. E-MODULSh ugrave nl igrave xi h agrave nz igrave ini disimpan dalam format PDF. Materi dalam E-MODUL Sh ugrave nl igrave xi h agrave nz igrave ini bertema kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan yang telah dimodifikasi menjadi 3 tahap yaitu (1)define (pendefinisian) (2)design (Perancangan) dan (3)develop (pengembangan). Penilaian uji validalitas kelayakan produk E-MODUL Sh ugrave nl igrave xi h agrave nz igrave dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Subjek uji coba penelitian ini adalah 30 siswa kelas X SMAK Santa Maria Malang yang sedang menempuh semester ganjil. Peneliti telah melakukan uji validasi media dan materi hasil dari ahli media adalah 86% dan ahli materi 80% sehingga E-Modul ini layak digunakan untuk melatih keterampilan menulis bahasa Mandarin siswa kelas X. Ujicoba kepada siswa SMAK Santa Maria Malang juga telah dilaksanakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa E-Modul Sh ugrave nl igrave Xi H agrave nz igrave dapat membantu siswa yang mengalami kesulitan menulis Hanzi dalam pembelajaran bahasa Mandarin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267718

Actions (login required)

View Item View Item