Game animasi bahasa mandarin / Ayatinah Puspita Kartika Kirana - Repositori Universitas Negeri Malang

Game animasi bahasa mandarin / Ayatinah Puspita Kartika Kirana

Kirana, Ayatinah Puspita Kartika (2022) Game animasi bahasa mandarin / Ayatinah Puspita Kartika Kirana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Seiring perkembangan teknologi game dapat dijadikan media untuk belajar bahasa Mandarin aplikasi ldquo ChineseSkill rdquo adalah salah satunya. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan aplikasi ldquo ChineseSkill rdquo dan respons mahasiswa terhadap penerapan aplikasi ldquo ChineseSkill rdquo untuk melatih keterampilan menyimak bahasa Mandarin mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data pada penelitian ini diperoleh dari hasil observasi dan hasil wawancara sedangkan sumbernya adalah 26 orang mahasiswa offering A angkatan 2021 prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi dan wawancara. Data penelitian dianalisis dengan tahapan dari Miles amp Huberman (1992) yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan aplikasi ldquo ChineseSkill rdquo terlaksana sesuai dengan runtutan pembelajaran dan mampu menjadi media penunjang pembelajaran. Pembelajaran juga menjadi lebih efektif dan variatif. Respons positif mahasiswa terhadap aplikasi ChineseSkill ditekankan pada keunggulan media dalam pemecahan masalah pembelajaran sehari-hari sedangkan kekurangan yang dimiliki aplikasi ini tidak menjadi masalah yang besar bagi mahasiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267717

Actions (login required)

View Item View Item