Penggunaan media channel youtube "everyday chinese" untuk keterampilan membaca siswa kelas x lintas minat SMAN 1 Malang. / Firyal Iswandarin - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media channel youtube "everyday chinese" untuk keterampilan membaca siswa kelas x lintas minat SMAN 1 Malang. / Firyal Iswandarin

Iswandarin, Firyal (2021) Penggunaan media channel youtube "everyday chinese" untuk keterampilan membaca siswa kelas x lintas minat SMAN 1 Malang. / Firyal Iswandarin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan teknologi informasi semakin pesat. Segala bentuk informasi dapat diakses menggunakan teknologi. Mulai dari informasi yang berbentuk tulisan maupun berbentuk video. Perkembangan ini juga yang dapat mempengaruhi bidang pendidikan.Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan media channel youtube dalam pembelajaran bahasa mandarin serta untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan media channel youtube ldquo Everyday Chinese rdquo untuk keterampilan membaca. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pada penelitian ini jumlah siswa yang ikut berpartisipasi adalah 23 orang siswa dari kelas X lintas minat SMAN 1 Malang. Penelitian ini menggunakan instrumen lembar observasi dan lembar angket. Lembar observasi digunakan untuk mengamati pembelajaran siswa saat menggunakan media media channel youtube ldquo Everyday Chinese rdquo . Sedangkan lembar angket digunakan untuk mengetahui bagaiman respon siswa terhadap penggunaan media channel youtube ldquo Everyday Chinese rdquo selama pelajaran bahasa Mandarin berlangsung. Hasil dari penelitian ini yaitu pembelajaran dengan menggunakan media channel youtube ldquo Everyday Chinese rdquo berjalan dengan lancar. Saat pembelajaran berlangsung kelas dalam keadaan kondusif dan siswa terlihat antusias mengikuti pembelajaran. Siswa memberikan respon positif terhadap penggunaan media channel youtube ldquo Everyday Chinese rdquo selain itu siswa menyatakan pembelajaran menggunakan media tersebut menarik dan menyenangkan. Pada saat penelitian berlangsung terdapat beberapa kendala yaitu beberapa siswa tidak dapat memutar video youtube dikarenakan adanya gangguan pada jaringan selain itu beberapa siswa masih salah dalam pengucapan nada [ Sh ngdi agrave o]. Meskipun demikian siswa mampu mengikuti pembelajaran bahasa Mandarin menggunakaan media channel youtube rdquo Everyday Chinese rdquo dengan baik. Dari hasil data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa tujuan dari penelitian ini sudah tercapai. Perkembangan teknologi informasi semakin pesat. Segala bentuk informasi dapat diakses menggunakan teknologi. Mulai dari informasi yang berbentuk tulisan maupun berbentuk video. Perkembangan ini juga yang dapat mempengaruhi bidang pendidikan.Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan media channel youtube dalam pembelajaran bahasa mandarin serta untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan media channel youtube ldquo Everyday Chinese rdquo untuk keterampilan membaca. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pada penelitian ini jumlah siswa yang ikut berpartisipasi adalah 23 orang siswa dari kelas X lintas minat SMAN 1 Malang. Penelitian ini menggunakan instrumen lembar observasi dan lembar angket. Lembar observasi digunakan untuk mengamati pembelajaran siswa saat menggunakan media media channel youtube ldquo Everyday Chinese rdquo . Sedangkan lembar angket digunakan untuk mengetahui bagaiman respon siswa terhadap penggunaan media channel youtube ldquo Everyday Chinese rdquo selama pelajaran bahasa Mandarin berlangsung. Hasil dari penelitian ini yaitu pembelajaran dengan menggunakan media channel youtube ldquo Everyday Chinese rdquo berjalan dengan lancar. Saat pembelajaran berlangsung kelas dalam keadaan kondusif dan siswa terlihat antusias mengikuti pembelajaran. Siswa memberikan respon positif terhadap penggunaan media channel youtube ldquo Everyday Chinese rdquo selain itu siswa menyatakan pembelajaran menggunakan media tersebut menarik dan menyenangkan. Pada saat penelitian berlangsung terdapat beberapa kendala yaitu beberapa siswa tidak dapat memutar video youtube dikarenakan adanya gangguan pada jaringan selain itu beberapa siswa masih salah dalam pengucapan nada [ Sh ngdi agrave o]. Meskipun demikian siswa mampu mengikuti pembelajaran bahasa Mandarin menggunakaan media channel youtube rdquo Everyday Chinese rdquo dengan baik. Dari hasil data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa tujuan dari penelitian ini sudah tercapai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Apr 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267703

Actions (login required)

View Item View Item