Preferensi serangga noktural terhadap warna lampu di kebun jeruk siem / Lupita Oktaviona - Repositori Universitas Negeri Malang

Preferensi serangga noktural terhadap warna lampu di kebun jeruk siem / Lupita Oktaviona

Oktaviona, Lupita (2016) Preferensi serangga noktural terhadap warna lampu di kebun jeruk siem / Lupita Oktaviona. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Oktaviona Lupita. 2016. Preferensi Serangga Nokturnal terhadap Warna Lampu di Kebun Jeruk Siem. Skripsi. Jurusan Biologi. FMIPA. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Agus Dharmawan M.Si. (II) Sofia Ery Rahayu S.Pd. M.Si. Kata kunci preferensi serangga serangga nokturnal light trap Produktivitas jeruk salah satunya dipengaruhi oleh serangan Organisme Pengganggu (OPT). Serangga hama memiliki kemampuan menemukan tanaman inang melalui isyarat visual yaitu warna. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui respon serangga terhadap warna lampu mengetahui distribusi temporal serangga yang tertangkap dan hubungan antara faktor abiotik dengan rerata cacah individu serangga. Penelitian yang dilakukan bersifat deskriptif eksploratif. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari Mei 2016 di kebun jeruk siem Desa Selokerto Kecamatan Dau Kabupaten Malang. Warna lampu yang diuji yaitu putih merah kuning biru dan hijau sebanyak 6 ulangan. Pengambilan data dilakukan pada pukul 18.00-19.00 19.00-20.00 dan 20.00-21.00 WIB. Data preferensi serangga terhadap warna lampu dianalisis menggunakan Anava Ganda dan hubungan faktor abiotik dengan rerata cacah individu serangga dianalisis menggunakan analisis Regresi Berganda. Hasil penelitian serangga yang tertangkap terdiri dari 5 ordo 17 famili dan 19 genus. Hasil analisis Anava Ganda menunjukkan respon serangga tertinggi pada lampu warna putih pada pukul 18.00-19.00 WIB. Distribusi temporal serangga tidak merata pada semua warna lampu yang diuji. Hasil analisis Regresi Berganda terhadap faktor abiotik yang terukur (suhu kelembaban angin dan kecepatan angin) ternyata suhu dan kelembaban udara menunjukkan ada hubungan dengan rerata cacah individu serangga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26767

Actions (login required)

View Item View Item