Ketidakfasihan berbicara mahasiswa jurusan sastra jerman dalam mata kuliah freier vortrag. / Balgis Nacia Auliyah Aviccienna - Repositori Universitas Negeri Malang

Ketidakfasihan berbicara mahasiswa jurusan sastra jerman dalam mata kuliah freier vortrag. / Balgis Nacia Auliyah Aviccienna

Aviccienna, Balgis Nacia Auliyah (2022) Ketidakfasihan berbicara mahasiswa jurusan sastra jerman dalam mata kuliah freier vortrag. / Balgis Nacia Auliyah Aviccienna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fenomena ketidakfasihan berbicara atau ucapan tidak lancar sering terjadi di kehidupan sosial tetapi sering tidak disadari penyebabnya. Ketidakfasihan berbicara tersebut dapat terjadi ketika penutur menata ulang kata terlanjur berujar atau tidak sesuainya hasil produksi dengan apa yang ingin diucapkan penutur. Subjek penelitian adalah mahasiswa Departemen Bahasa Jerman Universitas Negeri Malang pada mata kuliah Freier Vortrag. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengidentifikasi tipe-tipe ketidakfasihan berbicara oleh mahasiswa dan 2) menganalisis faktor-faktor ketidakfasihan berbicara tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan teori Fraundorf (2011) untuk mengidentifikasi tipe ketidakfasihan berbicara dan teori Clark amp Bortfeld (2001) untuk menganalisis penyebab ketidakfasihan yang dilaksanakan mahasiswa dalam mendeskripsikan data. Terdapat empat tipe ketidakfasihan berbicara yang dihasilkan oleh mahasiswa saat presentasi bahasa Jerman pada mata kuliah Freier Vortrag. Tipe tersebut adalah adalah senyapan diam (stille Pausen) senyapan terisi (gef uuml llte Pausen) pengulangan (Wiederholung) dan perbaikan (Korrektur). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam beberapa video presentasi mahasiswa ditemukan lebih banyak ketidakfasihan berupa senyapan terisi terisi sebanyak 305 kali. Kurangnya persiapan topik presentasi dan level kebahasaan memiliki dampak pada ketidakfasihan berbicara. Fenomena ketidakfasihan berbicara atau ucapan tidak lancar sering terjadi di kehidupan sosial tetapi sering tidak disadari penyebabnya. Ketidakfasihan berbicara tersebut dapat terjadi ketika penutur menata ulang kata terlanjur berujar atau tidak sesuainya hasil produksi dengan apa yang ingin diucapkan penutur. Subjek penelitian adalah mahasiswa Departemen Bahasa Jerman Universitas Negeri Malang pada mata kuliah Freier Vortrag. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengidentifikasi tipe-tipe ketidakfasihan berbicara oleh mahasiswa dan 2) menganalisis faktor-faktor ketidakfasihan berbicara tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan teori Fraundorf (2011) untuk mengidentifikasi tipe ketidakfasihan berbicara dan teori Clark amp Bortfeld (2001) untuk menganalisis penyebab ketidakfasihan yang dilaksanakan mahasiswa dalam mendeskripsikan data. Terdapat empat tipe ketidakfasihan berbicara yang dihasilkan oleh mahasiswa saat presentasi bahasa Jerman pada mata kuliah Freier Vortrag. Tipe tersebut adalah adalah senyapan diam (stille Pausen) senyapan terisi (gef uuml llte Pausen) pengulangan (Wiederholung) dan perbaikan (Korrektur). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam beberapa video presentasi mahasiswa ditemukan lebih banyak ketidakfasihan berupa senyapan terisi terisi sebanyak 305 kali. Kurangnya persiapan topik presentasi dan level kebahasaan memiliki dampak pada ketidakfasihan berbicara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267654

Actions (login required)

View Item View Item