Penerapan model pembelajaran kancing gemerincing dengan media video untuk keterampilan berbicara bahasa jerman Kelas XI lintas minat SMAN 7 Malang / Maulidyana Kusuma Wardhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kancing gemerincing dengan media video untuk keterampilan berbicara bahasa jerman Kelas XI lintas minat SMAN 7 Malang / Maulidyana Kusuma Wardhani

Wardhani, Maulidyana Kusuma (2021) Penerapan model pembelajaran kancing gemerincing dengan media video untuk keterampilan berbicara bahasa jerman Kelas XI lintas minat SMAN 7 Malang / Maulidyana Kusuma Wardhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah dan hasil dari penerapan pembelajaran kooperatif Kancing Gemerincing dengan media video untuk keterampilan berbicara bahasa Jerman dan mengetahui respons siswa kelas XI Lintas Minat dan guru pada mata pelajaran bahasa Jerman menggunakan model pembelajaran Kancing Gemerincing dalam aspek keterampilan berbicara bahasa Jerman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah 28 siswa kelas XI Lintas Minat SMAN 7 Malang. Data penelitian ini diperoleh dari hasil pengamatan kegiatan siswa dan guru selama proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Kancing Gemerincing dengan media video wawancara dengan guru bahasa Jerman dan angket siswa. Dalam penelitian ini instrumen utama adalah peneliti sendiri dengan instrumen pendukung berupa pedoman observasi angket dan pedoman wawancara. Kegiatan analisis data dimulai dari tahapan menyiapkan data memeriksa kembali kelengkapan data mengolah data dan membuat kesimpulan. Penelitian ini menggunakan triangulasi metode untuk mengecek keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Kancing Gemerincing berdasarkan langkah-langkah dari Masitoh dan Dewi kepada siswa kelas XI lintas minat dilakukan dengan melalui empat langkah yaitu siswa membentuk kelompok siswa mendapatkan kancing dari guru siswa mengumpulkan kancing saat akan berbicara dan siswa mengulangi kembali langkah sebelumnya jika kancing sudah habis namun diskusi belum selesai. Siswa merasa terbantu dalam pembelajaran bahasa Jerman dan guru bahasa Jerman memberi respons positif terhadap penerapan model pembelajaran ini karena model pembelajaran ini bisa digunakan sebagai model pembelajaran alternatif untuk keterampilan berbicara bahasa Jerman. Adapun kekurangan dalam penerapan model pembelajaran ini menurut guru bahasa Jerman adalah kurangnya pengawasan guru sehingga situasi kelas kurang kondusif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267647

Actions (login required)

View Item View Item