Media interaktif socrative sebagai formative assessment dalam pembelajaran bahasa jerman / Fitria Fanania Prasetiya - Repositori Universitas Negeri Malang

Media interaktif socrative sebagai formative assessment dalam pembelajaran bahasa jerman / Fitria Fanania Prasetiya

Prasetiya, Fitria Fanania (2022) Media interaktif socrative sebagai formative assessment dalam pembelajaran bahasa jerman / Fitria Fanania Prasetiya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Formative assessment merupakan kegiatan yang dilakukan untuk melihat kemampuan peserta didik dalam memahami materi. Dewasa ini guru menggunakan aplikasi digital sebagai media dalam melaksanakan kegiatan asesmen tersebut. Akan tetapi terdapat satu masalah yaitu peserta didik mengalami gugup dan tidak dapat fokus dalam mengerjakan tes karena aplikasi yang digunakan oleh guru tidak sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Socrative merupakan media interaktif yang dapat diakses melalui gawai dan dirancang untuk melaksanakan asesmen pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media interaktif berupa aplikasi Socrative sebagai formative assessment dalam pembelajaran Bahasa Jerman dan mengetahui respons peserta didik kelas X BSBU (Bahasa dan Budaya) SMAN 6 Malang terhadap penggunaan media aplikasi tersebut. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini dan data dianalisis secara deskriptif. Untuk memperoleh data peneliti menggunakan lembar observasi yang diisi oleh observer dan lembar angket untuk peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa pelaksanaan formative assessment menggunakan aplikasi Socrative berjalan dengan lancar dan kondusif seperti yang telah direncanakan. Data hasil respons peserta didik mengungkapkan bahwa aplikasi tersebut merupakan aplikasi yang menyenangkan dan membuat peserta didik antusias dan tidak merasa gugup dalam mengerjakan tes formatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267631

Actions (login required)

View Item View Item