Systematic literature review: analisis learning management system terhadap hasil belajar kognitif siswa / Novira Aulianda - Repositori Universitas Negeri Malang

Systematic literature review: analisis learning management system terhadap hasil belajar kognitif siswa / Novira Aulianda

Aulianda, Novira (2022) Systematic literature review: analisis learning management system terhadap hasil belajar kognitif siswa / Novira Aulianda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi Learning Management System (LMS) Moodle dan Edmodo dalam pembelajaran mengetahui fitur LMS apa saja yang diterapkan dalam pembelajaran dan mengetahui pengaruh LMS terhadap hasil belajar siswa berdasarkan teori belajar kognitif. Metode penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR) dari database Scopus dan Taylor amp Francis yang dipandu oleh protokol PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Review and Meta-Alyses) untuk menganalisis data. Pengujian validitas penelitian ini menggunakan uji Gregory dengan penguji empat orang ahli yaitu ahli SLR ahli LMS dan ahli hasil belajar kognitif. Hasil pencarian database elektronik artikel berfokus pada implementasi LMS fitur LMS dan hasil belajar kognitif siswa. Tinjauan literatur sistematis ini menemukan empat tahap utama yang menjadi indikator implementasi LMS 1) introduction (pengenalan) 2) registration (pendaftaran) 3) learning materials (materi pelajaran) dan 4) evaluation (penilaian/feedback). Fitur LMS yang digunakan dalam pembelajaran dikelompokkan menjadi empat bagian Communication Features Course Content Features Course Delivery Features dan Assignment Features. Temuan penelitian menjelaskan bahwa implementasi LMS dan fitur yang digunakan dalam pembelajaran berpengaruh dalam kepuasan belajar keterlibatan belajar pengalaman belajar kenyamanan dan efektivitas belajar motivasi belajar serta peningkatan hasil belajar siswa. Penggunaan LMS Moodle dan Edmodo dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dan berpotensi besar untuk digunakan dalam lingkungan pembelajaran bahasa Jerman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2022 04:29
Last Modified: 25 Mar 2024 04:20
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267628

Actions (login required)

View Item View Item