Penerapan metode reciprocal teaching pada keterampilan membaca bahasa jerman siswa kelas xi SMAN 9 Malang / Antika Cahaya Caesaria - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode reciprocal teaching pada keterampilan membaca bahasa jerman siswa kelas xi SMAN 9 Malang / Antika Cahaya Caesaria

Caesaria, Antika Cahaya (2022) Penerapan metode reciprocal teaching pada keterampilan membaca bahasa jerman siswa kelas xi SMAN 9 Malang / Antika Cahaya Caesaria. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses penerapan dan implikasi metode reciprocal teaching dalam kemampuan membaca siswa kelas XI SMAN 9 Malang. Metode reciprocal teaching diimplementasikan melalui empat strategi pemahaman yaitu mengajukan pertanyaan memprediksi mengklarifikasi dan merangkum. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 SMAN 9 Malang yang berjumlah 36 orang. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi dan hasil kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penerapan metode ini dapat diterapkan dengan baik melalui empat strategi pemahaman reciprocal teaching. Metode ini memengaruhi cara belajar siswa yaitu siswa berusaha baik secara mandiri maupun secara berkelompok untuk memahami materi baru dan mendapat pemahaman membaca yang konsisten. Melalui metode ini siswa menjadi lebih bersemangat aktif dan termotivasi untuk mengikuti pembelajaran bahasa Jerman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267626

Actions (login required)

View Item View Item