Hubungan motivasi siswa Kelas X bahasa terhadap hasil belajar bahasa Jerman di MAN 1 Kota Malang / Didin Yuliyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan motivasi siswa Kelas X bahasa terhadap hasil belajar bahasa Jerman di MAN 1 Kota Malang / Didin Yuliyanti

Yuliyanti, Didin (2022) Hubungan motivasi siswa Kelas X bahasa terhadap hasil belajar bahasa Jerman di MAN 1 Kota Malang / Didin Yuliyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi siswa kelas X Bahasa dan hubungan antara motivasi siswa dengan hasil belajar bahasa Jerman pada kelas X Bahasa di MAN 1 Kota Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasional dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi nilai akhir hasil belajar bahasa Jerman. Instrumen lembar angket menggunakan model skala Likert yang berisi 20 pernyataan. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas X Bahasa yang hanya terdiri dari satu kelas dengan jumlah 38 orang. Sampel penelitian ini menggunakan teknik random sampling dimana pengambilan anggota sampel dari populasi diambil secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi tersebut. Ukuran sampel diambil menggunakan rumus Slovin sehingga sampel berjumlah 27 siswa. Sebelum disebarkan instrumen angket telah dinyatakan valid dan reliabel melalui uji validitas dan uji reliabilitas. Selanjutnya data yang sudah terkumpul dilakukan uji normalitas untuk mengetahui apakah data berdistribusi normal uji linearitas untuk mengetahui apakah variabel terikat (dependent) dengan variabel bebas (independent) yakni memiliki hubungan linear atau tidak secara signifikan. Terakhir data tersebut diuji menggunakan rumus korelasi Pearson Product Moment untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan motivasi dengan hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis korelasi Pearson Product Moment nilai Sig. 0 00 lt Sig. 0 05 atau nilai r hitung 0 877 gt r tabel 0 381 maka diperoleh hasil bahwa motivasi siswa kelas X Bahasa pada mata pelajaran bahasa Jerman tergolong tinggi. Hal tersebut juga menunjukkan adanya hubungan yang positif dan sangat kuat antara motivasi siswa kelas X Bahasa terhadap hasil belajar bahasa Jerman di MAN 1 Kota Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Jerman (JRM) > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267622

Actions (login required)

View Item View Item