Penggunaan media pembelajaran game puzzle untuk meningkatkan kemahiran membaca kata bahasa arab SDN Sambangan / Sita Rinandi Fatimah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media pembelajaran game puzzle untuk meningkatkan kemahiran membaca kata bahasa arab SDN Sambangan / Sita Rinandi Fatimah

Fatimah, Sita Rinandi (2022) Penggunaan media pembelajaran game puzzle untuk meningkatkan kemahiran membaca kata bahasa arab SDN Sambangan / Sita Rinandi Fatimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran permainan puzzle dalam meningkatkan keterampilan membaca kata bahasa Arab siswa kelas II SDN Sambangan dan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca kata bahasa Arab siswa kelas II SDN Sambangan setelah menggunakan permainan puzzle. media pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Data penggunaan dan peningkatan keterampilan membaca bahasa Arab diperoleh melalui observasi wawancara dan tes. Hasil penelitian dengan menggunakan media puzzle pada setiap siklusnya berjalan dengan baik dan aktivitas siswa yang menggunakan media pembelajaran puzzle menjadi sangat baik serta hasil aktivitas guru menunjukkan hasil yang baik. Dan hasil penelitian kemampuan membaca juga menunjukkan bahwa kemampuan membaca pra siklus siswa SDN Sambangan sebesar 45 5% dan terus meningkat pada siklus I dan II. Persentase kemampuan membaca kata Arab pada siklus I diperoleh sebesar 57% kemudian meningkat pada siklus II yaitu sebesar 80%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penggunaan media permainan puzzle dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas II SDN Sambangan dan meningkatkan keterampilan membaca kata siswa kelas II SDN Sambangan. Kata Kunci penggunaan media puzzle membaca kata. Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran permainan puzzle dalam meningkatkan keterampilan membaca kata bahasa Arab siswa kelas II SDN Sambangan dan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca kata bahasa Arab siswa kelas II SDN Sambangan setelah menggunakan permainan puzzle. media pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Data penggunaan dan peningkatan keterampilan membaca bahasa Arab diperoleh melalui observasi wawancara dan tes. Hasil penelitian dengan menggunakan media puzzle pada setiap siklusnya berjalan dengan baik dan aktivitas siswa yang menggunakan media pembelajaran puzzle menjadi sangat baik serta hasil aktivitas guru menunjukkan hasil yang baik. Dan hasil penelitian kemampuan membaca juga menunjukkan bahwa kemampuan membaca pra siklus siswa SDN Sambangan sebesar 45 5% dan terus meningkat pada siklus I dan II. Persentase kemampuan membaca kata Arab pada siklus I diperoleh sebesar 57% kemudian meningkat pada siklus II yaitu sebesar 80%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penggunaan media permainan puzzle dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas II SDN Sambangan dan meningkatkan keterampilan membaca kata siswa kelas II SDN Sambangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Apr 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267608

Actions (login required)

View Item View Item