Analisis majas bahasa arab dalam kumpulan cerita pendek al hubbul maktum karya Muhaiban / Choirotun Nisa' - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis majas bahasa arab dalam kumpulan cerita pendek al hubbul maktum karya Muhaiban / Choirotun Nisa'

Nisa', Choirotun (2022) Analisis majas bahasa arab dalam kumpulan cerita pendek al hubbul maktum karya Muhaiban / Choirotun Nisa'. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk majaz dalam kumpulan cerita pendek al-Hubbul Maktum karya Muhaiban mendeskripsikan makna yang terkandung dalam majaz dan fungsi dari penggunaan majaz tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan membaca kumpulan cerpen tersebut mencatat dan dokumentasi tertulis. Kumpulan cerita tersebut terdiri dari lima cerita yaitu . peneliti menemukan lima jenis majaz yaitu isti rsquo arah tasrihiyah isti rsquo arah makniyah isti rsquo arah sababiyah majaz mursal juziyah majaz mursal sabaiyah. Masing-masing majaz memiliki fungsi yang berbeda-beda yaitu berfungsi sebagai memperjelas yang masih samar (idzhar al-khafy) personifikasi (ja rsquo lu ma laisa bi mar rsquo iyyin mar rsquo iyyan) kesan sangat (mubalaghah) untuk meringkas makna dan untuk memperluas makna. Pemaknaan majaz-majaz tersebut dapat dimaknai secara langsung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Apr 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267607

Actions (login required)

View Item View Item