Teknik dan interferensi penerjemahan lisan Habib Jindan untuk ceramah Habib Ali Al-Jufri / Wasiatur Rizqiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Teknik dan interferensi penerjemahan lisan Habib Jindan untuk ceramah Habib Ali Al-Jufri / Wasiatur Rizqiyah

Rizqiyah, Wasiatur (2022) Teknik dan interferensi penerjemahan lisan Habib Jindan untuk ceramah Habib Ali Al-Jufri / Wasiatur Rizqiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam praktik penerjemahan kekurangtepatan mengalihbahasakan pesan dan makna ke dalam bahasa sasaran menjadi permasalahan utama yang harus diperhatikan. Agar menghasilkan terjemahan yang akurat dan mudah dipahami diperlukan pemilihan teknik yang tepat dengan menghindari kesalahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan teknik dan interferensi dalam penerjemahan lisan Habib Jindan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data berupa ceramah Habib Ali Al-Jufri yang terangkum dalam video yang di unggah di akun youtube ldquo Al-Fachriyah rdquo . Teknik pengumpulan data berupa teknik simak dan catat. Adapun dalam menganalisis data penelitian ini menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi penyajian dan kesimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 9 macam teknik penerjemahan lisan yang digunakan yaitu (1) pungutan sebanyak 20 kali (2) harfiah sebanyak 6 kali (3) penambahan sebanyak 26 kali (4) penghapusan sebanyak 12 kali (5) transposisi sebanyak 9 kali (6) adaptasi sebanyak 7 kali (7) modulasi sebanyak 14 kali (8) reduksi sebanyak 5 kali dan (9) kompensasi sebanyak 1 kali. Sedangkan interferensi yang ditemukan yaitu interferensi leksikal. Berdasarkan data tersebut terjemahan lisan Habib Jindan merupakan kategori akurat dan berterima dengan total skor 2 6. Sehingga penerjemahan ini bisa dijadikan acuan serta rekomendasi untuk interpreter lainnya khususnya interpreter ahli.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267599

Actions (login required)

View Item View Item