Analisis struktural pada cerita anak Mamlakah Al'adl Kara Ismail Abdul Fatah / Istatik Hidayatus S - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis struktural pada cerita anak Mamlakah Al'adl Kara Ismail Abdul Fatah / Istatik Hidayatus S

Sholikhah, Istatik Hidayatus (2022) Analisis struktural pada cerita anak Mamlakah Al'adl Kara Ismail Abdul Fatah / Istatik Hidayatus S. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mendiskripsikan unsur-unsur intrinsik yang membangun cerita anak Mamlakah Al- rsquo adl karya Ismail Abdul Fatah beserta keterkaitan antar unsurnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah kajian struktural. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) tema mayor dalam cerita ini adalah kebaikan yang membawa keberkahan yang dapat melahirkan kebaikan-kebaikan yang lain adapun tema minornya adalah tanggung jawab kemiskinan tolong menolong keserakahan dan keajaiban. (b) Pada cerita ini menggunakan alur campuran. (c) Tokoh utamanya adalah Mansur sedangkan tokoh tambahannya adalah Syekh Mas rsquo ud Kahramanah Murjanah Bahiyyah Bahlul Induk Burung dan Burung Yasmin. (d) Latar tempatnya berada di gubuk tepi sungai pinggiran hutan rumah Bahiyyah hutan tengah jalan tempat kuno dan Istana dengan berlatar waktu pada pagi hari siang hari sore hari dan malam hari serta berlatar sosial tentang tentang di suatu kerajaan yang dahulunya dipimpin oleh seorang raja yang adil hingga suatu hari kerajaan tersebut menghilang karena perbuatan orang-orang jahat yang telah merebut kekuasaan kerajaan secara paksa (e) sudut pandangnya adalah orang ketiga. Pada unsur-unsur intrinsik dalam cerpen ini memiliki keterkaitan yang padu antara satu dengan yang lainnya dalam membangun cerita.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267591

Actions (login required)

View Item View Item