Strategi penambahan (addition) dalam penerjemahan kitab syarah waraqat / Mohammad Nasih Al Hashas - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi penambahan (addition) dalam penerjemahan kitab syarah waraqat / Mohammad Nasih Al Hashas

Hashas, Mohammad Nasih Al Hashas (2022) Strategi penambahan (addition) dalam penerjemahan kitab syarah waraqat / Mohammad Nasih Al Hashas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penambahan redaksi pada penerjemahan seringkali ditemukan dalam kitab-kitab agama Islam khususnya dalam keilmuan Ushul al-Fiqh salah satunya adalah kitab Syarah Waraqat karya Imam Haromain yang diterjemahkan oleh Mujiburrahman. Dalam penulisan kitab ini pengarang menggunakan gaya penulisan ijaz yakni sedikit lafaz banyak makna sehingga sangat membutuhkan penjelasan tambahan dalam penerjemahan. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk mencari padanan makna serta karena banyaknya istilah yang perlu dijelaskan lebih detail agar mudah dipahami oleh pembaca. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan bentuk strategi penambahan dalam penerjemahan kitab Syarah Waraqat dan bagaimana prosesnya dalam penerjemahan Arab-Indo. Penelitian dilakukan dengan menganalisis penambahan redaksi dalam kitab tersebut lalu dilanjutkan dengan menganalisis prosesnya dalam penerjemahan Arab-Indo. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan metode dokumentasi dan teknik catat. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa ada 2 bentuk strategi penambahan dalam penerjemahan kitab Syarah Waraqat yaitu penambahan wajib yang merupakan hasil dari pertimbangan struktur dan penambahan pilihan yang merupakan hasil dari pertimbangan semantik. Proses terjadinya penambahan dalam penerjemahan Arab-Indo dilakukan melalui beberapa cara yakni dengan memasukkan tambahan secara langsung pada teks memasukkan penambahan dalam tanda kurung atau memasukkan penambahan pada foot note (catatan kaki). Cara-cara tersebut merupakan hasil dari teknik amplifikasi dan teknik deskripsi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267587

Actions (login required)

View Item View Item