Model pembelajaran arab pegon di pondok pesantren subulas salam Wonosari Malang / Khoirotun Nadziroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Model pembelajaran arab pegon di pondok pesantren subulas salam Wonosari Malang / Khoirotun Nadziroh

Nadziroh, Khoirotun (2022) Model pembelajaran arab pegon di pondok pesantren subulas salam Wonosari Malang / Khoirotun Nadziroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pondok Pesantren salaf menggunakan metode penerjemahan arab pegon dalam pembelajarannya. Metode klasik ini masih menunjukkan eksistensinya dalam hal keberhasilan pembelajaran bahasa arab meskipun masih mendapatkan kritikan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanaan pelaksanaan dan evaluasi model pembelajaran Arab Pegon di Pondok Pesantren Subulas Salam. Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di kelas Shifir Pondok Pesantren Subulas Salam Wonosari Malang dengan subjek penelitian pengajar Arab Pegon dan Santri kelas Shifir Pondok Pesantren Subulas Salam. Data diperoleh melalui wawancara observasi dan dokumentasi kemudian dianalisis. Hasil penelitian ini meliputi (1) Perencanaan pembelajaran yang dilakukan dengan kurikulum tersendiri dikarenakan pondok pesantren menggunakan sistem otonomi mutlak perencanaan materi berdasarkan hasil musyawarah dan rancangan pembelajaran berupa skenario pembelajaran yang dibuat sendiri dengan metode yang sama pada setiap pertemuannya. (2) Pelaksanaan pembelajaran dengan tiga tahap pendahuluan berupa pembacaan rumus pegon dan pretest inti berupa penyampaian materi dengan media sederhana menggunakan strategi ekspositori langsung dengan materi yang berkaitan dengan penguasaan baca tulis kitab kuning penutup berupa tanya jawab. (3) Evaluasi pembelajaran formatif berupa penugasan dan evaluasi sumatif dilakukan setahun sekali untuk mengevaluasi hasil belajar peserta didik evaluasi proses pelaksanaan pembelajaran untuk mengetahui proses pelaksanaan kurikulum serta evaluasi kebahasaan berupa tes distrik dan pragmatik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267586

Actions (login required)

View Item View Item