Kajian struktural terhadap syi'r nizar qabbani “Asyhadu an laa imra'ata illa anti” / Ni'mah Fitria - Repositori Universitas Negeri Malang

Kajian struktural terhadap syi'r nizar qabbani “Asyhadu an laa imra'ata illa anti” / Ni'mah Fitria

Fitria, Ni'mah (2022) Kajian struktural terhadap syi'r nizar qabbani “Asyhadu an laa imra'ata illa anti” / Ni'mah Fitria. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan unsur-unsur dalam puisi “Asyhadu an laa imra'ata illa anti” karya Nizar Qabbani yang terdiri atas struktur batin dan struktur fisik serta keterkaitan antar unsurnya. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan struktural. Hasil dari penelitian ini ditemukan struktur batin sebagai berikut (1) tema kesempurnaan perempuan di mata orang jatuh cinta (2) rasa penyair yang diluapkan adalah kekaguman dan kerinduan (3) nada dan suasana Penyair menceritakan kepada pembaca dan pembaca dapat ikut merasakan romantisme yang terdapat dalam puisi (4) amanat (a) harus bisa menerima kekurangan pasangan (b) harus mendampingi dalam suka duka (c) cintai pasangan setulus hati. Ditemukan juga struktur fisik sebagai berikut (1) diksi memilih kata asyhadu pada kalimat pokok dalam puisi karena mengandung arti sumpah setia (2) Pengimajian yang digunakan ada tiga yaitu imaji visual imaji auditif dan imaji taktil (3) kata konkret (4) bahasa figuratif berupa simile (tasybih) metafora (isti rsquo rah) paralelisme antitesis sinekdoke (5) versifikasi berupa puisi bebas yang tidak terikat bahr akan tetapi memiliki majra rsquo yang hampir sama yaitu kasrah (6) Typografi bebas tidak memiliki makna tertentu. Unsur-unsur tersebut memiliki keterkaitan satu sama lain sehingga memperkuat makna puisi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2022 04:29
Last Modified: 06 Apr 2023 07:06
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267584

Actions (login required)

View Item View Item