Tindak tutur ilokusi dalam caption instagram @Nohastyleicon tulisan Noha Nabil / Albila Nurfadilah - Repositori Universitas Negeri Malang

Tindak tutur ilokusi dalam caption instagram @Nohastyleicon tulisan Noha Nabil / Albila Nurfadilah

Nurfadilah, Albila (2022) Tindak tutur ilokusi dalam caption instagram @Nohastyleicon tulisan Noha Nabil / Albila Nurfadilah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Prgmatik adalah studi makna terkait konteks di luar bahasa dan maksud tuturan. Penelitian ini mengkaji tindak tutur ilokusi dalam caption berbahasa Arab di akun Instagram nohastyleicon. Fenomena tuturan tidak hanya terjadi dalam bahasa konvensional saja tetapi juga dalam bahasa pergaulan. Kajian tindak tutur dalam caption penting dilakukan karena caption adalah salah satu bentuk bahasa tulisan yang mengandung beragam tuturan untuk memengaruhi pembaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk tindak tutur ilokusi yang terdapat dalam caption Instagram nohastyleicon dan mendeskripsikan fungsi tuturannya. Penelitian ini menggunakan perspektif pragmatik tindak tutur Searle. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan data berupa dokumentasi dan catat. Data penelitian ini adalah tuturan dalam caption sedangkan sumber data yang digunakan berasal dari tulisan Noha Nabil di unggahan akun nohastyleicon. Teknik analisis data menggunakan teori klasifikasi tindak tutur oleh Searle dan pendeskripsian fungsi tuturan. Dalam penelitian ini ditemukan tindak tutur asertif direktif ekspresif komisif dan deklaratif. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa tindak tutur yang paling banyak ditemukan adalah tindak tutur asertif sedangkan yang paling sedikit ditemukan adalah tindak tutur deklaratif. Masing-masing tuturan dalam caption memiliki beragam fungsi yang saling menguatkan tujuan tuturan untuk menghibur menginspirasi serta memengaruhi mitra tutur untuk membeli produk yang ditawarkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267582

Actions (login required)

View Item View Item