Penggunaan media kartu kata untuk meningkatkan kemahiran membaca siswa kelas xi SMAS Darul Quran Singosari Malang / Muhammad Arif Setiawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media kartu kata untuk meningkatkan kemahiran membaca siswa kelas xi SMAS Darul Quran Singosari Malang / Muhammad Arif Setiawan

Setiawan, Muhammad Arif (2022) Penggunaan media kartu kata untuk meningkatkan kemahiran membaca siswa kelas xi SMAS Darul Quran Singosari Malang / Muhammad Arif Setiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) penggunaan media kartu kata dalam kegiatan belajar mengajar bahasa Arab untuk meningkatkan kemahiran membaca (maharah qira rsquo ah) siswa kelas XI SMAS Darul Quran Singosari Malang (2) hasil peningkatan kemahiran membaca siswa kelas XI SMAS Darul Quran Singosari Malang setelah menggunakan media kartu kata. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang dilakukan dengan dua siklus. Masing-masing dari siklus terdiri atas dua pertemuan dan pada setiap pertemuan memiliki empat tahapan yaitu tahap perencanaan (planning) tahap tindakan (acting) tahap observasi (observing) dan tahap refleksi (reflecting). Subjek dari penelitian yang dilakukan ini adalah siswa kelas XI SMAS Darul Quran Singosari Malang dengan jumlah siswa sebanyak 14 dan guru sebagai peneliti. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan 1) tes membaca lisan dan tertulis 2) wawancara 3) observasi dan 4) dokumentasi. Selain itu pendekatan pada penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif yang dilakukan dengan empat tahapan yaitu tahap pengumpulan data reduksi data penyajian data serta menarik kesimpulan. Adapun cara untuk menerapkan media kartu kata yaitu kartu dibagikan kepada siswa setiap siswa mendapat 15 lembar dengan posisi kartu yang acak kemudian siswa berebut mencari kata yang dibacakan oleh guru untuk mengisi kalimat yang rumpang dalam teks bahasa Arab yang sedang dipelajari selain itu kata yang terdapat pada media kartu kata juga dibahas susunan katanya oleh guru kepada siswa di akhir pembelajaran. Hasil pada penelitian ini menunjukkan peningkatan terhadap kemahiran membaca bahasa Arab siswa kelas XI secara signifikan dengan menggunakan bantuan media kartu kata yang diterapkan pada siklus I sampai dengan siklus II. Nilai rata-rata pada pra siklus siswa adalah 43 9 sedangkan pada pelaksanaan siklus I hasil yang diperoleh siswa masih berada di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditentukan dalam maharah qira rsquo ah di sekolah ini yaitu 70 dengan rata-rata nilai 68 9 dan presentase ketuntasan klasikal 64% sedangkan pada penerapan siklus II kemahiran membaca bahasa Arab siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai 82 8 dengan presentase ketuntasan 92.8%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267580

Actions (login required)

View Item View Item