Pengembangan teka-teki silang buku madaarij ad-duruus al-arabiyyah jilid 1 untuk paket dasar i / Siska Nanda Safitri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan teka-teki silang buku madaarij ad-duruus al-arabiyyah jilid 1 untuk paket dasar i / Siska Nanda Safitri

Safitri, Siska Nanda (2022) Pengembangan teka-teki silang buku madaarij ad-duruus al-arabiyyah jilid 1 untuk paket dasar i / Siska Nanda Safitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan formal di Indonesia saat ini tidak kalah menariknya dengan pendidikan nonformal dalam aspek pembelajaran bahasa Arab. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan awal yang dilakukan peneliti di lembaga PIQ Singosari didapatkan hasil bahwa siswa dan guru pengajar membutuhkan media pembelajaran disamping penggunaan buku ajar utama dalam belajar bahasa Arab yaitu kitab Madaarij ad-Duruus al-Arabiyyah Jilid 1. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengembangkan media TTS buku Madaarij ad-Duruus al-Arabiyyah Jilid 1 untuk paket dasar I sebagai media murajaah hafalan penguasaan kosakata siswa. Peneliti menggunakan model pengembangan ADDIE (analysis design development implementation and evaluatation) yang merupakan jenis penelitian campuran dengan penyajian data kualitatif dan kuantitatif. Peneliti menggunakan siswa kelas madarij pemula (jilid I) di PIQ Singasari sebagai subjek penelitian. Data kualitatif berasal dari pengambilan data angket analisis kebutuhan dan penilaian guru sedangkan data kuantitatif berasal dari hasil pengambilan angket skor validasi dan skor respon siswa. Hasil akhir dari penelitian ini yaitu berupa media teka-teki silang buku Madarij. Uji validasi produk menghasilkan produk yang valid dengan angka validitas media yaitu 81 33% angka validitas materi yaitu 94 66% dan angka respon siswa yaitu 94%. Oleh karena itu media buku teka-teki silang bahasa Arab Madaarij ad-Duruus al-Arabiyyah Jilid 1 untuk paket dasar I dinyatakan layak digunakan sebagai buku pendambing bahan ajar mata pelajaran bahasa Arab yang digunakan di PIQ yaitu kitab Madaarij ad-Duruus al-Arabiyyah Jilid 1.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267578

Actions (login required)

View Item View Item