Pengembangan media podcast pada aplikasi spotify sebagai media pembelajaran maharah al-istima' di Departemen Sastra Arab Universitas Negeri Malang / Lailana Aulia Rahmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media podcast pada aplikasi spotify sebagai media pembelajaran maharah al-istima' di Departemen Sastra Arab Universitas Negeri Malang / Lailana Aulia Rahmah

Rahmah, Lailana Aulia (2022) Pengembangan media podcast pada aplikasi spotify sebagai media pembelajaran maharah al-istima' di Departemen Sastra Arab Universitas Negeri Malang / Lailana Aulia Rahmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Teknologi mampu memberikan pembaharuan dalam ranah pendidikan dengan pemanfaatan podcast dalam proses pembelajaran. Podcast merupakan alternatif baru dalam pembelajaran berbasis audio. Penggunaan podcast belum pernah dikembangkan pada pembelajaran Maharah al-Istima rsquo di kelas Pendidikan Bahasa Arab UM Malang padahal podcast memiliki banyak keunggulan yang dapat dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan pembelajaran masa kini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan media podcast dan kelayakan penggunaannya di lapangan dengan menggunakan metode RnD model ADDIE yang dikembangkan oleh Branch. Media ini diujikan kepada 20 mahasiswa yang telah mengambil mata kuliah Istima rsquo Tsanawy kelas A Pendidikan Bahasa Arab UM. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi wawancara angket analisis kebutuhan dan angket respon hasil uji coba produk. Hasil penelitian ini memaparkan pengembangan media berupa podcast yang dilengkapi dengan fitur pendukung seperti kosakata bergambar latihan soal dalam bentuk game edukatif dan soal evaluasi. Setelah dikembangkan media ini mendapatkan respon positif di lapangan. Mahasiswa berantusias dalam menerima materi dalam bentuk podcast karena dianggap menyenangkan dan berbeda (hal yang baru) sehingga minat belajar meningkat karena pembelajaran yang lebih variatif. Presentase dari uji kelayakan oleh para ahli dan mahasiwa mendapatkan jumlah rata-rata 93 7% yang dikategorikan sebagai sangat valid artinya media ini dapat diimplementasikan di lapangan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267577

Actions (login required)

View Item View Item