Efektivitas teknik role playing berbantuan media wayang terhadap maharah kalam di MTSN 1 Kota Malang / Aisyah Rizkyana Ramadhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas teknik role playing berbantuan media wayang terhadap maharah kalam di MTSN 1 Kota Malang / Aisyah Rizkyana Ramadhani

Ramadhani, Aisyah Rizkyana (2022) Efektivitas teknik role playing berbantuan media wayang terhadap maharah kalam di MTSN 1 Kota Malang / Aisyah Rizkyana Ramadhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran maharah kalam di sekolah masih dilakukan dengan kurang maksimal. Selama pandemi guru kurang mengamati kalam siswa dengan baik. Pada masa Pembelajaran Tatap Muka transisi guru perlu mengenalkan kembali maharah kalam kepada siswa dengan teknik dan media yang sesuai serta menarik antusias siswa maka pemilihan teknik role playing berbantuan media wayang membantu guru mengenalkan dan meningkatkan maharah kalam siswa. Tujuan besar dari penelitian ini adalah untuk menemukan efektivitas teknik role playing berbantuan media wayang terhadap maharah kalam di MTsN 1 Kota Malang dan dari tujuan tersebut dirumuskan dua tujuan khusus yaitu (1) untuk mendeskripsikan implementasi teknik role playing berbantuan media wayang terhadap maharah kalam di MTsN 1 Kota Malang. (2) untuk mendeskripsikan efektivitas teknik role playing berbantuan media wayang terhadap maharah kalam di MTsN 1 Kota Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed method model concurrent triangulation yaitu penggunaan kuantitatif dan kualitatif bersamaan dengan bobot yang seimbang. Pada kuantitatif desain yang digunakan True Eksperimental - Pretest ndash Posttest Control Group Design dan kualitatif menggunakan deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian kualitatif diketahui bahwa implementasi teknik role playing berbantuan media wayang dilakukan selama 2 kali eksperimen dengan tema . Pelaksanaan selama 5-7 menit dengan jumlah 4 siswa setiap role playing. Siswa memilih 4 wayang tokoh dan 4 wayang objek untuk pelaksanaan teknik role playing berbantuan media wayang. Pada implementasi ini ditemukan persentase performansi siswa dalam mengimplementasikan role playing berbantuan media wayang berdasarkan 6 aspek kemahiran berbicara yaitu 81% pelafalan 60% tata bahasa 87% mufrodat 64% kelancaran 89% pemahaman dan 79% percaya diri. Selanjutnya hasil penelitian kuantitatif ditemukan bahwa uji-t signifikan (2-tailed) adalah 0 000 lt 0 05 yang menjelaskan bahwa Ha diterima dengan simpulan bahwa implementasi teknik role playing berbantuan media wayang efektif terhadap maharah kalam di MTsN 1 Kota Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267575

Actions (login required)

View Item View Item