Tindak tutur ilokusi pada twitter bertema cinta dalam akun @1naight (lail) / Nadya Amri Fauzie - Repositori Universitas Negeri Malang

Tindak tutur ilokusi pada twitter bertema cinta dalam akun @1naight (lail) / Nadya Amri Fauzie

Fauzie, Nadya Amri (2022) Tindak tutur ilokusi pada twitter bertema cinta dalam akun @1naight (lail) / Nadya Amri Fauzie. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kajian ilmu pragmatik dalam memahami bahasa dan konteks melibatkan unsur tindak tutur yakni proses komunikasi antara pembicara (penutur) dengan pihak yang diajak bicara (mitra tutur). Tindak tutur (speech act) merupakan salah satu pendekatan untuk memahami makna dengan melibatkan unsur lokusi ilokusi dan perlokusi pada aspek sosio-psikologis. Penelitian ini mengkaji tindak tutur ilokusi pada twitter bertema cinta dalam akun 1Naight. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Kajian difokuskan untuk mendeskripsikan jenis dan makna tindak tutur ilokusi dalam akun twitter 1Naight. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dengan cara mengambil tangkapan layar dan mencatat cuitan yang diunggah. Analisis data dilakukan dengan menulis dan menerjemahkan cuitan mengklasifikasikan berdasarkan jenis tuturan dan fungsinya dan diakhiri proses penyajian data berupa jabaran deskripsi jenis dan makna ilokusi dari setiap cuitan yang diteliti. Hasil penelitian ini adalah paparan data tindak tutur ilokusi yang meliputi tuturan asertif berfungsi untuk mempertegas tuturan direktif berfungsi untuk menyarankan memerintah memohon melarang dan menasihati serta tuturan ekspresif untuk menyatakan kerinduan syukur kekecewaan harapan dan penyesalan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267573

Actions (login required)

View Item View Item