Pengembangan media permainan ular tangga untuk pembelajaran kosa kata bahasa Arab di Kelas X MAN / Syafraini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media permainan ular tangga untuk pembelajaran kosa kata bahasa Arab di Kelas X MAN / Syafraini

Syafraini (2022) Pengembangan media permainan ular tangga untuk pembelajaran kosa kata bahasa Arab di Kelas X MAN / Syafraini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Proses pembelajaran bahasa Arab yang diterapkan MAN menggunakan buku cetak serta papan tulis sebagai media pembelajaran. Kurangnya penerapan media yang sesuai dengan pembelajaran kosa kata bahasa Arab menjadi faktor rendahnya pengguasan kosa kata siswa. MAN belum pernah menggunakan media pembelajaran yang berbentuk permainan oleh karena itu peneliti memberikan solusi atas permasahan tersebut dengan mengembangkan media berbentuk permainan ular tangga untuk mempelajari kosa kata bahasa Arab bagi siswa kelas X. Tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan pengembangan produk permainan ular tangga untuk pembelajaran kosa kata bahasa Arab siswa kelas X MAN dan mendeskripsikan kelayakan produk permainan ular tangga untuk pembelajaran kosa kata bahasa Arab siswa kelas X MAN. Penelitian ini termasuk dalam penelitian research and development melalui model pengembangan ADDIE. Data diperoleh melalui hasil observasi wawancara serta lembar kusioner ahli media maupun ahli materi. Hasil penelitian menunjukkan (1) Pengembangan produk permainan ular tangga untuk pembelajaran kosa kata bahasa Arab di kelas X MAN melalui model ADDIE meliputi empat tahap antara lain analisis desain pengembangan dan validasi. Produk yang dihasilkan berupa seperangkat ular tangga terdiri atas papan ular tangga dadu pion kartu soal serta aturan permainan (2) Tingkat kelayakan produk permainan ular tangga untuk pembelajaran kosa kata bahasa Arab siswa kelas X MAN diukur berdasarkan validasi oleh ahli materi. Hasil pengembangan dinyatakan ldquo valid rdquo sedangkan ahli media diukur berdasarkan validasi ahli media. Hasil pengembangan dinyatakan ldquo sangat valid rdquo . Ahli materi menilai aspek isi dan ahli media menilai aspek konstruk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267572

Actions (login required)

View Item View Item