Ummah, Aulia Tazqiatul (2022) Problematika penerapan model hybrid learning pada mata kuliah keterampilan berbahasa di Departemen Bahasa Arab Universitas Negeri Malang / Aulia Tazqiatul Ummah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Hybrid learning adalah solusi pembelajaran menuju new normal namun tidak dapat dipungkiri masih mengalami kendala dalam penerapannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran dan problematika penerapan model hybrid learning pada mata kuliah keterampilan berbahasa di Departemen Bahasa Arab Universitas Negeri Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian mahasiswa Departemen Bahasa Arab UM angkatan 2021 dan dosen pengampu keterampilan berbahasa. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi wawancara angket terbuka dan dokumentasi. Adapun instrumen penelitian meliputi lembar observasi pedoman wawancara pedoman angket dan pedoman dokumentasi. Hasil penelitian ini meliputi (a) Pembelajaran hybrid di Departemen Bahasa Arab UM terdiri dari perencanaan pembelajaran dengan pembuatan RPS pelaksanaan pembelajaran yang memuat kegiatan pendahuluan inti dan penutup serta penilaian yang berasal dari partisipasi mahasiswa tugas individu tugas kelompok. UTS dan UAS. (b) Problematika yang ditemukan terkait pembelajaran keterampilan berbahasa model hybrid ini ada dua jenis yaitu kendala kebahasaan dan non kebahasaan. Kendala kebahasaan mencakup bunyi bahasa kosakata penulisan dan kaidah-kaidah bahasa Arab. Sedangkan problematika non kebahasaan yaitu kendala jaringan psikologis mahasiswa perbedaan individu mahasiswa sarana dan prasarana metode dan media yang kurang bervariasi dan waktu yang terbatas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Sep 2022 04:29 |
Last Modified: | 29 Dec 2022 00:36 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/267564 |
Actions (login required)
View Item |