Penggunaan model pembelajaran kooperatif think pair share untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Arab siswa MI Wahid Hasyim III / Dian Puspitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan model pembelajaran kooperatif think pair share untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Arab siswa MI Wahid Hasyim III / Dian Puspitasari

Puspitasari, Dian (2022) Penggunaan model pembelajaran kooperatif think pair share untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Arab siswa MI Wahid Hasyim III / Dian Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ada berbagai cara yang dapat digunakan oleh guru untuk memaksimalkan pembelajaran di masa pandemi saat ini salah satunya melalui penggunaan model pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses pembelajaran bahasa Arab di MI Wahid Hasyim III dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) dan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar bahasa Arab siswa MI Wahid Hasyim III melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus. Hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran bahasa Arab melalui penggunaan TPS dilaksanakan sebagaimana teori yang ada dengan sedikit modifikasi karena penyesuaian terhadap pembelajaran tatap muka terbatas. Proses pembelajaran terlaksana dengan baik meski terdapat kendala pada terbatasnya waktu pembelajaran karena ketentutan tatap muka terbatas. Penggunaan TPS mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan oleh adanya peningkatan rata-rata hasil belajar siswa yang pada pra siklus sejumlah 42 52 dengan ketuntasan 13 04% menjadi 69 56 dengan ketuntasan 43 47% pada siklus I dan 78 86 dengan ketuntasan 82 60% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Arab (ARA) > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267560

Actions (login required)

View Item View Item