Pembelajaran daring menulis teks eksplanasi kelas xi SMA Brawijaya Smart School Malang / Ainun Nihaya Iswoyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran daring menulis teks eksplanasi kelas xi SMA Brawijaya Smart School Malang / Ainun Nihaya Iswoyo

Iswoyo, Ainun Nihaya (2022) Pembelajaran daring menulis teks eksplanasi kelas xi SMA Brawijaya Smart School Malang / Ainun Nihaya Iswoyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Menulis adalah keterampilan bahasa yang perlu dikuasai siswa untuk mempelajari bahasa Indonesia di semua tingkat pendidikan. Pembelajaran menulis bertujuan agar siswa memperoleh keterampilan menulis secara benar. Salah satu pembelajaran menulis yang diajarkan adalah pembelajaran menulis teks eksplanasi. Pandemi Covid-19 yang melanda dunia berdampak pada sektor pendidikan. Pemerintah mewajibkan siswa untuk melakukan semua kegiatan belajar di rumah. Oleh karena itu siswa kelas XI di SMA Brawijaya Smart School Malang melakukan pembelajaran menulis teks eksplanasi secara online/daring. Pembelajaran daring adalah pembelajaran dengan menggunakan akses internet dan teknologi informasi yang dapat dilakukan kapan saja di mana saja tanpa komunikasi tatap muka. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan perencanaan pembelajaran daring menulis teks eksplanasi kelas XI SMA Brawijaya Smart School Malang (2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran daring menulis teks eksplanasi kelas XI SMA Brawijaya Smart School Malang dan (3) mendeskripsikan penilaian pembelajaran daring menulis teks eksplanasi kelas XI SMA Brawijaya Smart School Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis studi kasus. Kegiatan pembelajaran yang diuraikan dalam penelitian ini adalah kegiatan perencanaan pelaksanaan dan penilaian pembelajaran daring menulis teks eksplanasi. Data dalam penelitian ini disajikan dalam bentuk informasi mengenai pembelajaran daring menulis teks eksplanasi pada siswa kelas XI SMA Brawijaya Smart School Malang. Instrumen penelitian menggunakan pedoman telaah dokumen pedoman observasi pedoman wawancara dan pedoman angket siswa. Teknik yang digunakan untuk mendapatkan data seluruh kegiatan pembelajaran daring menulis teks eksplanasi yaitu menggunakan teknik telaah dokumen observasi wawancara dan angket. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan cara mereduksi data menyajikan data dan menarik kesimpulan mengenai kegiatan pembelajaran daring menulis teks eksplanasi. Penelitian ini menghasilkan empat temuan penelitian. Pertama perencanaan pembelajaran daring menulis teks eksplanasi kelas XI yang disusun oleh guru Bahasa Indonesia SMA Brawijaya Smart School Malang menggunakan model RPP daring darurat satu lembar atau RPP Canvas yang berdasarkan pada surat edaran Permendikbud nomor 14 tahun 2019. Perencanaan pembelajaran yang disusun oleh guru Bahasa Indonesia SMA Brawijaya Smart School Malang sudah lengkap dan sesuai dengan aturan penyederhanaan komponen pada RPP yang meliputi identitas RPP profil siswa tujuan pembelajaran bukti dan asesmen cakupan langkah-langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran. Kedua pelaksanaan pembelajaran daring menulis teks eksplanasi dilakukan satu kali pertemuan dalam seminggu yang terdiri atas kegiatan pendahuluan kegiatan inti dan kegiatan penutup. Pelaksanaan pembelajaran daring menulis teks eksplanasi dilakukan melalui 3 tahap yaitu tahap pramenulis tahap menulis dan tahap pascamenulis. Pada pembelajaran daring menulis teks eksplanasi yang dilaksanakan berpusat pada siswa. Hal tersebut sejalan dengan pendekatan yang digunakan. Pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran daring menulis teks eksplanasi berdasarkan hasil temuan peneliti yaitu menggunakan pendekatan saintifik. Pola yang muncul pada pembelajaran daring menulis teks eksplanasi yaitu kegiatan mengamati-menanya- mencoba-mengkomunikasikan. Ketiga penilaian pembelajaran daring menulis teks eksplanasi yang dilakukan oleh guru Bahasa Indonesia kelas XI SMA Brawijaya Smart School Malang menggunakan peniliaian proses dan penilaian hasil. Penilaian proses yang dilakukan guru untuk mendapatkan nilai sikap siswa. Untuk mendapatkan nilai sikap siswa guru menggunakan teknik observasi dan berpedoman pada aplikasi Si Brascho. Penilaian hasil dalam pembelajaran daring menulis teks eksplanasi kelas XI SMA Brawijaya Smart School Malang dilakukan untuk mendapatkan nilai keterampilan siswa. Teknik yang digunakan dalam mendapatkan nilai keterampilan yaitu dengan teknik penugasan dan berpedoman pada rubrik penilaian keterampilan yang telah dirancang sebelumnya. Aspek yang dinilai oleh guru yaitu kelengkapan struktur teks dan kaidah kebahasaan yang digunakan dalam hasil tulisan siswa. Penilaian pembelajaran daring menulis teks eksplanasi kelas XI SMA Brawijaya Smart School Malang yang dilaksanakan sudah bagus karena aspek yang dinilai sesuai dengan pedoman rubrik penilian yang dirancang oleh guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jun 2022 04:29
Last Modified: 12 Jan 2023 00:20
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267285

Actions (login required)

View Item View Item