Gaya bahasa sarkasme dalam novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer / Qatrunnada Salsabila Mumtaza Wafa - Repositori Universitas Negeri Malang

Gaya bahasa sarkasme dalam novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer / Qatrunnada Salsabila Mumtaza Wafa

Wafa, Qatrunnada Salsabila Mumtaza (2022) Gaya bahasa sarkasme dalam novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer / Qatrunnada Salsabila Mumtaza Wafa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer merupakan novel yang mengandung berbagai gaya bahasa salah satunya adalah gaya bahasa sarkasme yang sarat akan rasisme kelas sosial dan nilai-nasionalisme dan kolonialisme. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan wujud serta fungsi penggunaan gaya bahasa sarkasme pada novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik analisis data model interaktif. Hasil analisis data pada penelitian ini menunjukkan berbagai macam wujud dan fungsi gaya bahasa sarkasme pada novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer. Wujud gaya bahasa sarkasme yang dapat ditemukan pada novel tersebut meliputi (1) sarkasme sifat (2) sarkasme sebutan (3) sarkasme tindakan (4) sarkasme hasil dari tindakan dan (5) sarkasme himbauan. Fungsi gaya bahasa sarkasme yang dapat ditemukan pada novel tersebut meliputi (1) fungsi penolakan (2) fungsi penyampaian informasi (3) fungsi penyampaian larangan (4) fungsi penyampaian penegasan (5) fungsi penyampaian pendapat (6) fungsi penyampaian perintah (7) fungsi penyampaian pertanyaan (8) fungsi pernyataan persamaan (9) fungsi pernyataan perbandingan dan (10) fungsi sapaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2022 04:29
Last Modified: 27 Jul 2023 00:58
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267282

Actions (login required)

View Item View Item