Muatan pendidikan karakter pada buku teks bahasa Indonesia Kelas VII / Madu Trisna Devi - Repositori Universitas Negeri Malang

Muatan pendidikan karakter pada buku teks bahasa Indonesia Kelas VII / Madu Trisna Devi

Devi, Madu Trisna (2022) Muatan pendidikan karakter pada buku teks bahasa Indonesia Kelas VII / Madu Trisna Devi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan karakter menjadi gerakan nasional untuk mengembangkan akhlak pertanggung jawaban dan rasa peduli untuk mendidik karakter luhur. Upaya yang dilakukan pemerintah untuk menanamkan pendidikan karakter yaitu menambahkan dalam kurikulum dan menerbitkan buku teks sebagai pendamping untuk menyukseskan pendidikan karakter. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui muatan dan sebaran nilai pendidikan karakter dalam buku teks Bahasa Indonesia kelas VII SMP edisi revisi 2017 terbitan Kemendikbud. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan data penelitian berupa kutipan dalam bentuk kata frasa kalimat serta paragraf yang memuat unsur pendidikan karakter. Sumber data berasal dari buku teks Bahasa Indonesia di Kelas VII Edisi 2017 terbitan Kemendikbud. Teknik yang digunakan yaitu analisis isi (content Analysis) dengan tahap (1) mendeskripsikan (2) mereduksi dan (3) mengelompokkan. Hasil penelitian menunjukkan 1) ditemukan 17 nilai karakter yaitu (1) (semangat kebangsaan) (2) (cinta tanah air) (3) (peduli sosial) (4) (kerja keras) (5) (gemar membaca) (6) (bersahabat/komunikatif) (7) (tanggung jawab) (8) (demokratis) (9) (disiplin) (10) (toleransi) (11) (menghargai prestasi) (12) (jujur) (13) (religius) (14) (kreatif) (15) (cinta damai) (16) (mandiri) (17) (peduli lingkungan) 2) muatan pendidikan karakter terdapat dalam bab 1 sampai bab 8 dengan jumlah yang tidak sama dan diintegrasikan melalui pengantar bab isi (teks materi dan penugasan) serta penutup bab. Dari hasil temuan tersebut disimpulkan bahwa (1) buku teks ini memuat pendidikan karakter yang baik sehingga dapat diterapkan di kehidupan dan (2) nilai-nilai pendidikan karakter telah dimuat dalam setiap bab tetapi belum berimbang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267276

Actions (login required)

View Item View Item