Penafsiran lirik lagu dalam album tokoh-tokoh dan isyu! karya Ebiet G Ade / Alvi Tita Wijaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Penafsiran lirik lagu dalam album tokoh-tokoh dan isyu! karya Ebiet G Ade / Alvi Tita Wijaya

Wijaya, Alvi Tita (2022) Penafsiran lirik lagu dalam album tokoh-tokoh dan isyu! karya Ebiet G Ade / Alvi Tita Wijaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan penafsiran struktur batin dari lirik lagu yang ada dalam album Tokoh-Tokoh dan Isyu karya Ebiet G Ade. Analisis dilakukan menggunakan teori I.A Richard yang disitir oleh Waluyo (1987). Hasil penelitian ini berupa uraian deskriptif yang dibutuhkan untuk mencapai rumusan masalah. Data pada penelitian ini berupa kata dan kalimat yang menunjukkan data mengenai tema perasaan nada dan suasana dan amanat dalam objek analisis berupa lirik lagu. Penelitian ini berupa penelitian kualitatif yang menggunakan metode deskriptif untuk memaparkan mengenai struktur batin dalam lirik lagu yang telah dipilih. Hasil analisis pada kedua album ini terdapat empat unsur batin yaitu 1) tema 2) perasaan 3) suasana dan 4) amanat sesuai dengan teori yang telah dikemukakan oleh I.A Richard.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > ML Literature of music
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2022 04:29
Last Modified: 30 Mar 2023 07:28
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267269

Actions (login required)

View Item View Item