Penerapan prinsip kerja sama grice dalam iklan tv yang tayang pada bulan ramadan / Faisal Akbar Firmansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan prinsip kerja sama grice dalam iklan tv yang tayang pada bulan ramadan / Faisal Akbar Firmansyah

Firmansyah, Faisal Akbar (2022) Penerapan prinsip kerja sama grice dalam iklan tv yang tayang pada bulan ramadan / Faisal Akbar Firmansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan prinsip kerja sama Grice dalam iklan tv yang tayang pada bulan Ramadan. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan penggunaan bahasa yang diimplementasikan dalam aturan prinsip kerja sama saat proses komunikasi terjadi. Pelanggaran prinsip kerja sama dilakukan untuk mengetahui variasi bentuk pelanggaran yang dilakukan pada iklan yang ditayangkan di bulan Ramadan. Data yang digunakan dalam penelitan ini yaitu data kualitatif. Data kualitatif berupa tuturan verbal atau dialog dalam iklan di bulan Ramadan. Sumber data penelitian ini adalah iklan di bulan Ramadan yang terdapat pada pencarian dan pengambilan data di media Youtube. Hasil penelitian menunjukan bahwa analisis prinsip kerja sama Grice dalam iklan di bulan Ramadan ditemukan penerapan dan pelanggaran dari empat prinsip kerja sama yaitu prinsip kuantitas prinsip kualitas prinsip hubungan dan prinsip cara. Penerapan prinsip kuantitas paling banyak ditemukan sedangkan pelanggaran pada prinsip kualitas tidak ditemukan dalam iklan di bulan Ramadan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267266

Actions (login required)

View Item View Item