Pengembangan antologi cerpen suara batin berbasis nilai-nilai pancasila bagi remaja / Nurvita Arini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan antologi cerpen suara batin berbasis nilai-nilai pancasila bagi remaja / Nurvita Arini

Arini, Nurvita Arini (2022) Pengembangan antologi cerpen suara batin berbasis nilai-nilai pancasila bagi remaja / Nurvita Arini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kasus tawuran antara dua kelompok remaja di Jakarta Pusat karena saling tersinggung di media sosial yang menunjukkan kurangnya pemahaman terhadap rasa persatuan. Antologi cerpen berjudul Suara Batin sebagai salah satu solusi dalam mengenalkan nilai-nilai Pancasila kepada remaja. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan hasil analisis kebutuhan terhadap pengembangan antologi cerpen Suara Batin (2) mendeskripsikan proses pengembangan antologi cerpen Suara Batin (3) mendeskripsikan hasil validasi oleh ahli terhadap karya antologi cerpen Suara Batin. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan dengan model 4D. Hasil penelitian ini adalah (1) definisi kebutuhan terhadap pengembangan antologi cerpen berjudul Suara Batin yang bersumber dari sepuluh artikel berita online dan wawancara kepada salah satu anggota organisasi Pemuda Pancasila (2) menghasilkan produk antologi cerpen berjudul Suara Batin (3) buku antologi cerpen Suara Batin mendapatkan skor persentase sebesar 74% 98% dan 89% berdasarkan validasi oleh ahli di bidang Bahasa dan Sastra Indonesia ahli di bidang Pendidikan Pancasila dan ahli di bidang desain. Rata-rata kevalidan dari ketiga validasi tersebut mendapatkan kriteria sangat layak dengan skor persentase sebesar 88%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267264

Actions (login required)

View Item View Item