Representasi budaya indonesia dalam buku ajar bahasa Indonesia bagi penutur asing 2 / Hirlya Intan Febryan - Repositori Universitas Negeri Malang

Representasi budaya indonesia dalam buku ajar bahasa Indonesia bagi penutur asing 2 / Hirlya Intan Febryan

Febryan, Hirlya Intan (2022) Representasi budaya indonesia dalam buku ajar bahasa Indonesia bagi penutur asing 2 / Hirlya Intan Febryan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bahasa jIndonesia jdalam jproses jperkembangannya jsaat jini jberdampak signifikan juntuk jnegara jIndonesia sehingga pada tahun 2000an Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa menggagas sebuah pembelajaran yang bernama BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing). Pembelajaran BIPA membutuhkan penunjang berjalannya kegiatan belajar mengajar salah satu komponennya adalah sumber belajar. Sumber belajar bisa diartikan sebagai suatu unsur yang terdapat dalam lignkungan belajar yang dapat memudahkan dalam proses pembelajaran yang dilangsungkan baik itu untuk mahasiswa dan juga dosennya. Sumber belajar dapat berasal dari bahan sekitar yang dapat dimanfaatkan seperti buku teks media elektronik media cetak ataupun yang lainnya. Buku dalam bentuk teks atau cetak menjadi media belajar yang lebih sering digunakan oleh pengajar dan peserta didik. Dalam pengajarannya BIPA memerlukan buku ajar sebagai salah satu sumber belajar. Buku ajar bukan hanya memuat tentang kemampuan berbahasa Indonesia namun juga mengenai budaya yang terdapat di Indonesia. Kemampuan jberbahasa jIndonesia jpelajar jasing jtidak jhanya jditentukan joleh jpengetahuan jterhadap junsur-unsur jkebahasaan jmelainkan jjuga junsur jkebudayaan jyang jberlaku jdi jmasyarakat. Salah staunya adalah buku ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing 2 yang disusun oleh Gatut Susanto dkk. dan terbit pada tahun 2020. Representasi jbudaya jIndonesia jdalam jkonteks jpenelitian jini jmengarah jkepada jkonstruksi jterhadap jsegala jbentuk jrealitas jtermasuk jmasyarakat jperistiwa jobjek jide jatau jmakna jyang jberbentuk jkata-kata jtulisan jatau jgambar. Fokus penelitian ini adalah untuk menghasilkan artikel yang membahas tentang deskripsi representasi budaya Indonesia pada gambar dan teks yang termuat dalam buku ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing 2. Unsur budaya yang dianalisis dalam penelitian ini meliputi (1) peralatan hidup dan teknologi (2) religi (3) pengetahuan (4) bahasa (5) kesenian (6) ekonomi dan (7) kekerabatan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan model deskriptif. Pengambilan data dilakukan dengan studi dokumentasi. Dokumen dalam penelitian ini berbentuk dialog teks maupun gambar yang terdapat dalam buku ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing 2 yang disusun oleh Gatut Susanto dkk. dan diterbitkan pada tahun 2020 oleh Media Nusa Creative. Kemudian peneliti mengumpulkan data menggunakan teknik observasi. Peneliti mengamati keseluruhan gambar yang terdapat pada buku ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing 2 kemudian mencatat data-data yang menunjukkan representasi budaya Indonesia. Selanjutnya peneliti mulai menganalisis data representasi budaya Indonesia yang telah didapatkan dari buku ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing 2. Teknik analisis data diawali dengan membaca secara keseluruhan data representasi yang telah didapatkan dalam buku ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing 2. Kedua mengolah data dan mengelompokkannya dalam tabel analisis sistem unsur budaya. Ketiga peneliti melakukan proses pengodean berdasarkan kelompok dan jenis data unsur budaya. Keempat peneliti mendeskripsikan data-data tersebut dan terakhir peneliti mendeskripsikan menginterpretasi serta memaknai data representasi budaya Indonesia yang telah diperoleh. Berdasarkan analisis data peneliti menemukan tujuh unsur budaya baik berupa gambar maupun teks dalam penelitian ini. Ketujuh unsur tersebut meliputi bahasa (ditemukan unsur bahasa Jawa dalam Buku Ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing 2) kesenian (terdapat karya seni batik dan alat musik Angklung) religi (terdapat mitos Nyi Roro Kidul dan tenggelamnya orang yang memakai baju hijau di Pantai Selatan) peralatan hidup dan teknologi (terdapat pakaian adat Jawa) kemasyarakatan dan organisasi sosial (terdapat ipsi kegiatan ronda malam) pengetahuan (terdapat teks obat tradisional (jamu)) dan mata pencaharian/ekonomi (terdapat gambar seorang penjual jamu gendong). Unsur budaya Indonesia yang termuat dalam buku tersebut dapat menjadi pengetahuan dan pembelajaran baru kepada pemelajar BIPA dan pembaca khususnya mengenai kebudayaan Indonesia. Peneliti memiliki beberapa saran yang perlu diperhatikan. Sehubungan dengan representasi budaya Indonesia dalam buku ajar BIPA penelitian ini bisa digunakan sebagai referensi bagi penelitian-penelitian selanjutnya yang berbasis budaya. Kemudian peneliti berharap adanya suatu bahasan dengan judul baru dari beberapa topik terkait representasi budaya Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267261

Actions (login required)

View Item View Item