Tindak perundungan dan resiliensinya dalam novel remaja indonesia / Widodo Mustiko Aji - Repositori Universitas Negeri Malang

Tindak perundungan dan resiliensinya dalam novel remaja indonesia / Widodo Mustiko Aji

Aji, Widodo Mustiko (2022) Tindak perundungan dan resiliensinya dalam novel remaja indonesia / Widodo Mustiko Aji. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perundungan merupakan fenomena sosial yang masih sering terjadi dalam masyarakat. Perundungan juga termasuk ke dalam masalah publik yang menjadi perhatian dunia termasuk dunia sastra. Buktinya ditemukan karya sastra berupa novel yang memuat tindak perundungan. Fokus penelitian ini adalah mendeskripsikan tindak perundungan dalam novel remaja Indonesia yang meliputi (1) bentuk (2) faktor penyebab (3) dampak perundungan dan (4) resiliensi korban perundungan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah novel 00.00 karya Ameylia Falensia Kisah untuk Geri karya Erisca Febriani dan Senior karya Eko Ivano Winata. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah membaca dan mencatat data-data yang termuat dalam novel 00.00 karya Ameylia Falensia Kisah untuk Geri karya Erisca Febriani dan Senior karya Eko Ivano Winata. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya tindak perundungan dan resiliensinya. Pertama terdapat empat bentuk perundungan yakni perundungan fisik verbal relasional dan penggunaan properti. Kedua terdapat lima faktor penyebab terjadinya perundungan yakni faktor individu keluarga teman sebaya sekolah dan media. Ketiga terdapat dua dampak akibat perundungan yakni dampak fisik dan psikis. Terakhir terdapat tujuh aspek resiliensi korban perundungan yakni pengendalian impuls regulasi emosi empati optimisme analisis kausal efikasi diri dan reaching out.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PIN Indonesian Literature
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2022 04:29
Last Modified: 20 Dec 2022 02:37
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267260

Actions (login required)

View Item View Item