Proses kreatif penciptaan kumpulan puisi bercanda dengan tuhan / Achmad Fatchur Rizqi - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses kreatif penciptaan kumpulan puisi bercanda dengan tuhan / Achmad Fatchur Rizqi

Rizqi, Achmad Fatchur (2022) Proses kreatif penciptaan kumpulan puisi bercanda dengan tuhan / Achmad Fatchur Rizqi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Agama sangat penting bagi kehidupan manusia. Pada masa akhir ini telah terjadi kemerosotan nilai agama yang disebabkan otoritas agama mulai melemah khususnya di kalangan remaja sehingga dibutuhkan karya sastra yang berpegang teguh terhadap nilai-nilai dan ajaran agama. Kumpulan puisi Bercanda dengan Tuhan hadir sebagai karya sastra religi yang mengandung nilai dan ajaran agama di dalamnya. Puisi-puisi dalam Bercanda dengan Tuhan dapat dipetakan ke dalam tiga subtema yakni (1) hubungan manusia dengan Tuhan (hablunminallah) (2) hubungan manusia dengan sesamanya (hablunminannas) dan (3) hubungan manusia dengan alam atau makhluk lainnya (hablunminal rsquo alam). Penulisan kumpulan puisi ini bertujuan untuk (1) merekam beragam peristiwa religius yang terjadi di zaman sekarang (2) mengemukakan persepsi penulis tentang religiusitas berdasarkan pengalaman religius yang dialami (3) membangun nilai-nilai religius bagi masyarakat zaman sekarang dan setelahnya serta (4 menyumbangkan karya sastra yang bernilai religi di dunia kesusastraan. Proses kreatif dalam penciptaan kumpulan puisi Bercanda dengan Tuhan terdiri dari empat tahapan. Pertama dorongan menjadi pengarang yakni menceritakan bagaimana penulis termotivasi untuk menghasilkan karya. Kedua kegiatan sebelum menulis yakni literasi kepustakaan menentukan tema dan melakukan riset. Ketiga kegiatan selama menulis yakni menemukan ide mengumpulkan diksi dan menulis puisi. Keempat kegiatan setelah menulis yakni pembacaan berulang menyunting dan mendapat komentar ahli. Pada tahap selanjutnya karya tersebut mendapat ulasan (review) dari tiga penulis yang bergerak di bidang puisi. Tiga penulis tersebut yaitu (1) Muhammad Daffa dari Banjarbaru (2) Muhammad Iqbal dari Belitong dan Umi Nurhayati dari Yogyakarta. Adapun manfaat karya bagi dunia pendidikan adalah sebagai bahan bacaan dan referensi dalam pembelajaran sastra khususnya puisi di sekolah. Lima puluh butir puisi dalam Bercanda dengan Tuhan ini memiliki energi positif dalam segi diksi dan makna yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran apresiasi puisi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267259

Actions (login required)

View Item View Item