Pengembangan instrumen tes penempatan kemampuan membaca pelajar Bipa / Izdiharti Husniyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan instrumen tes penempatan kemampuan membaca pelajar Bipa / Izdiharti Husniyah

Husniyah, Izdiharti (2022) Pengembangan instrumen tes penempatan kemampuan membaca pelajar Bipa / Izdiharti Husniyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bahasa Indonesia saat ini semakin diminati oleh orang asing. Semakin bertambahnya minat terhadap BIPA maka program BIPA harus terus mengembangkan sistem fasilitas maupun sarana dan prasarananya agar semakin baik. Salah satu langkah yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan pengembangan instrumen tes penempatan BIPA yang valid dan reliabel. Instrumen tes penempatan memiliki kedudukan yang sangat penting dalam pembelajaran BIPA. Namun hal tersebut tidak sejalan dengan tersedianya tes standar untuk tes penempatan BIPA di lapangan yang masih kurang. Penelitian pengembangan ini memiliki tujuan umum yaitu menghasilkan instrumen tes penempatan kemampuan membaca pelajar BIPA. Tujuan khusus penelitian ini meliputi tiga yaitu (1) menetapkan produk tes yang akan dikembangkan (2) merancang tes penempatan kemampuan membaca pelajar BIPA dan (3) membuat tes penempatan kemampuan membaca pelajar BIPA. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R amp D) dengan mengadaptasi model 4D (Four-D) menjadi 3D (Three-D). Model penelitian dan pengembangan 4D terdiri atas empat tahap kegiatan yaitu Define (Penetapan) Design (Perancangan) Develop (Pembuatan) dan Disseminate (Penyebaran). Penelitian ini hanya melakukan tiga tahap kegiatan. Tahap Disseminate (Penyebaran) tidak dilakukan. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini yaitu instrumen tes penempatan kemampuan membaca BIPA. Instrumen tes terdiri atas tiga paket soal yaitu paket A B dan C. Setiap paket terdiri atas 30 nomor soal pilihan ganda sehingga total keseluruhan soal yang dihasilkan adalah 90 nomor. Setiap paket soal mewakili tujuh tingkatan BIPA dari 1 sampai 7. BIPA 1 sampai 6 terdiri atas empat nomor soal sementara BIPA 7 terdiri atas enam nomor soal. Seluruh soal yang dikembangkan berbentuk pilihan ganda berjumlah empat (A B C dan D). Waktu pengerjaan soal adalah 90 menit. Pengembangan soal tes berpatokan pada standar kompetensi dalam buku ldquo Sahabatku Indonesia untuk Umum rdquo terbitan PPSDK tahun 2019. Tingkat kesulitan soal di setiap tingkatan BIPA dibedakan menggunakan tingkat keterbacaan LIX taksonomi Marzano dan topik materi BIPA. Penentuan skor jawaban dilakukan dengan cara konvensional yaitu satu jawaban benar bernilai satu skor. Instrumen tes penempatan yang dikembangkan dapat diakses secara daring melalui google form. Hasil pengujian kelayakan produk pada instrumen tes penempatan kemampuan membaca BIPA ada tiga. Pertama hasil pengujian kelayakan konstruk memperoleh rata-rata persentase 100% dengan kualifikasi sangat layak. Kedua hasil pengujian kelayakan materi memperoleh rata-rata persentase 90% dengan kualifikasi sangat layak. Ketiga hasil pengujian kelayakan bahasa memperoleh rata-rata persentase 90% dengan kualifikasi sangat layak. Simpulan penelitian terdiri atas empat poin penting. Pertama penelitian ini menghasilkan instrumen tes penempatan kemampuan membaca pelajar BIPA dilengkapi dengan kisi-kisi panduan penskoran dan panduan penempatan BIPA. Kedua instrumen tes yang dikembangkan telah melalui tahap pengujian kelayakan pengujian soal pada pelajar BIPA serta perevisian. Ketiga berdasarkan pengujian kelayakan yang dilakukan dinyatakan bahwa instrumen tes layak digunakan. Keempat berdasarkan hasil pengujian soal tes pada pelajar BIPA menunjukkan bahwa instrumen tes mampu menempatkan pelajar BIPA di level yang sesuai dengan kemampuan membacanya. Saran yang dapat diberikan melalui penelitian ini terdiri atas tiga poin penting. Pertama instrumen tes penempatan kemampuan membaca yang dikembangkan dalam penelitian ini perlu diintegrasikan dengan kemampuan berbahasa lain yaitu menyimak berbicara serta menulis. Kedua instrumen tes yang dikembangkan dalam penelitian ini dapat dijadikan acuan atau panduan untuk mengembangkan instrumen tes penempatan kemampuan membaca lainnya. Ketiga tes dan hasil penelitian ini dapat disebarluaskan dengan cara membagikan tautan google form tes dan tautan jurnal penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267255

Actions (login required)

View Item View Item