Resistensi dalam novel jazz, parfum, dan insiden karya Seno Gumira Ajidarma / Yoga Nugraha - Repositori Universitas Negeri Malang

Resistensi dalam novel jazz, parfum, dan insiden karya Seno Gumira Ajidarma / Yoga Nugraha

Nugraha, Yoga (2022) Resistensi dalam novel jazz, parfum, dan insiden karya Seno Gumira Ajidarma / Yoga Nugraha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tentang resistensi dalam novel Jazz Parfum dan Insiden karya Seno Gumira Ajidarma. Penelitian ini merupakan jenis penelitian sosiologi sastra. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif sebagai pendekatan penelitian. Jenis data penelitian merupakan data deskriptif. Sumber data penelitian adalah Novel Jazz Parfum dan Insiden. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak-catat. Penelitian ini mengkaji bentuk-bentuk resistensi yang terdapat dalam novel. Bentuk resitensi mengacu pada teori resistensi menurut James C. Scott (2000). Scott membagi bentuk-bentuk resistensi berdasarkan karakteristiknya. Resistensi terbuka memiliki karakteristik (1) bersifat terorganisir (2) berdampak secara meluas (3) berorientasi di atas kepentingan kelompok dan (4) berusaha menghapus dominasi otoritas. Resistensi tertutup miliki karakteristik (1) tidak bersifat sistematis (2) tidak berdampak signifikan (3) berdasarkan kepentingan kelompok minoritas (4) berusaha menghapus dominasi secara perlahan. Hasil temuan terkait bentuk resistensi dibagi menjadi dua macam (1) Resistensi terbuka dan (2) Resistensi tertutup. Temuan terkait resistensi terbuka digambarkan melalui kegiatan demonstrasi yang dilakukan berbagai macam elemen masyarakat Timor Leste dalam menolak penindasan yang ada. Temuan terkait resistensi tertutup digambarkan dengan adanya krisis kepercayaan masyarakat Timor Leste terhadap pemerintah pada saat fase stabilisasi pasca konflik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267253

Actions (login required)

View Item View Item