Geguritan karya siswa kelas XI SMKN 3 Kediri : telaah teks dan konteks / Wahyu Nita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Geguritan karya siswa kelas XI SMKN 3 Kediri : telaah teks dan konteks / Wahyu Nita Sari

Sari, Wahyu Nita (2022) Geguritan karya siswa kelas XI SMKN 3 Kediri : telaah teks dan konteks / Wahyu Nita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Geguritan merupakan salah satu bentuk materi pembelajaran apresiasi sastra yang terdapat dalam jenjang Sekolah Menengah Atas. Menulis geguritan merupakan wujud dari salah satu KD yang harus diajarkan pada siswa kelas XI. Pembelajaran Bahasa Jawa pada kelas XI mencakup beberapa materi yang harus dipelajari di antaranya pembelajaran geguritan. Geguritan adalah suatau karya sastra di mana penulis menuangkan pikiran perasaaan dengan kata-kata yang indah. Pembelajaran muatan lokal Bahasa Jawa merupkan pembelajaran yang wajib diajarakan kepada siswa . hal ini sesuai dengan Pergub No. 19 Tahun 2014 tentang Peraturan Gubernur Jawa Timur tentang pelaksanaan pembelajaran Bahasa Jawa sebagai Muatan Lokal Wajib di provinsi Jawa Timur. Pada pembelajaran geguritan ini siswa diberi tugas atau kegiatan untuk membuat geguritan dengan tema yang mengacu pada isi tembang Memala Raga. Memala Raga merupakan yang di ciptakan oleh salah satu dosen di Universitas Negeri Malang. Geguritan dalam istilah Bahasa Indonesia dapat di sebut dengan puisi. Menulis geguritan merupakan salah satu wujud dari pembelajaran apresiasi karya sastra. Dalam menulis geguritan ini siswa dapat menuangkan semua pikiran ide dan gagasan sehingga siswa dapat mengembangkan kemampuan berfikir serta kreatifitas mereka. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu (1) mendeskripsikan geguritan karya siswa secara tekstual (2) mendeskripsikan geguritan karya sisiwa secara kontekstual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode deskriptif. Pada penelitian ini menggunakan cara analisis dari setiap karya dengan menggunakan analsisi wacana tekstual dan kontekstual. Pada penelitian ini menunjukkan hasil bahwa adanya perkembangan dan ragam bentuk teks dan konteks yang berasal dai 30 data karya siswa SMKN 3 Kediri. Namun beberapa siswa juga menambah unsur yang tidak terdapat dalam beberapa data karya siswa seperti bentuk penyulihan yang hanya ada pada salah satu data karya siswa. Selain itu juga ditemukan aspek leksikal seperti sinonimi repetisi dan antonimi yang ditemukan pada geguritan karya siswa. Dengan adanya hal tersebut siswa mengembangkan ragam bentuk teks maupun konteks dan juga mengeluarkan kreatifitas mereka yang di tuangkan dalam geguritan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2022 04:29
Last Modified: 25 Jul 2023 01:12
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267247

Actions (login required)

View Item View Item