Proses kreatif penulisan buku kumpulan cerpen salam keselamatan / Eko Setiawan Rahmadhan - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses kreatif penulisan buku kumpulan cerpen salam keselamatan / Eko Setiawan Rahmadhan

Ramadhan, Eko Setiawan (2022) Proses kreatif penulisan buku kumpulan cerpen salam keselamatan / Eko Setiawan Rahmadhan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Karya ini ditulis berdasarkan pengalaman hidup pribadi penulis yang sangat menyukai kebudayaan Jawa. Melalui kegiatan interaksi sosial dan riset pengalaman-pengalaman tersebut dirumuskan dalam bentuk cerita pendek yang memiliki nilai pendidikan karakter di lingkungan sekolah masyarakat dan keluarga. Karya ini ditulis untuk beberapa tujuan yakni (1) Mendokumentasikan berbagai tradisi lokal Jawa melalui media cerpen (2) Menciptakan sumber bacaan fiksi yang mampu mengedukasi pembaca tentang pelestarian tradisi lokal dan (3) Menafsirkan nilai-nilai postif dalam tradisi lokal agar pembaca dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Karya ini berupa kumpulan cerpen yang diberi judul Salam Keselamatan. Karya ini mempunyai tema tradisi Jawa dan terdiri dari 148 halaman A5. Karya ini terdiri dari lima belas judul cerita pendek. Proses penulisan karya ini diawali dengan pencarian ide dan pengolahan terhadap pengalaman hidup penulis berupa interaksi sosial dan riset. Kegiatan kedua adalah proses penulisan cerita pendek pada waktu yang tidak tentu. Kegiatan ketiga adalah melakukan kegiatan revisi pembacaan ulang dan penyempurnaan. Kekuarangan karya ini adalah pembaca akan tidak mudah mengerti mengenai tradisi Jawa yang dimaksud apabila pembaca tidak melakukan pencarian informasi lagi. Dikarenakan dalam kumpulan cerpen tersebut penulis tidak menyebutkan nama tradisi Jawa secara langsung. Kelebihan karya ini adalah terdapat nilai-nilai pendidikan karakter seperti toleransi cinta tanah air tanggung jawab peduli lingkungan dan lainnya. Kesimpulan dan saran cintailah budaya nenek moyang asli Indonesia khususnya tradisi Jawa. Dikarenakan jika tidak ada yang mencintai tradisi tersebut dan diberitahukan ke generasi seterusnya tidak menutup kemungkinan tradisi Jawa akan dilupakan karena tidak ada yang mengetahuinya. Sedangkan media yang digunakan untuk memberitahukan tradisi Jawa ke semua bisa dengan cara ditulis dalam suatu karya yang menarik dan dibukukan untuk bisa dibaca oleh semua generasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267246

Actions (login required)

View Item View Item