Korelasi tingkat penguasaan kosakata dengan kemampuan memahami hubungan kausalitas teks eksplanasi siswa Kelas XI IBB SMA laboratorium Malang / Muhammad Fahmi Amrullah - Repositori Universitas Negeri Malang

Korelasi tingkat penguasaan kosakata dengan kemampuan memahami hubungan kausalitas teks eksplanasi siswa Kelas XI IBB SMA laboratorium Malang / Muhammad Fahmi Amrullah

Amrullah, Muhammad Fahmi (2022) Korelasi tingkat penguasaan kosakata dengan kemampuan memahami hubungan kausalitas teks eksplanasi siswa Kelas XI IBB SMA laboratorium Malang / Muhammad Fahmi Amrullah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang ada di lembaga pendidikan formal. Pembelajaran Bahasa Indoensia yang semula difokuskan kepada struktur dan tata bahasa sekarang difokuskan kepada kompetensi berbahasa yang berjumlah empat yaitu mendengarkan berbicara membaca dan menyimak. Keempat kompetensi berbahasa tersebut sangat penting untuk menunjang pembelajaran lainnya yang juga menggunakan Bahasa Indonesia kecuali mata pelajaran bahasa asing. Pemahaman akan suatu bahasa dimulai dari pemahaman akan kosakatanya. Teks eksplanasi merupakan teks yang menjelaskan sebab akibat suatu peristiwa bisa terjadi. Dalam menjelaskan terjadinya suatu peristiwa teks eksplanasi menggunakan kosakata yang berbeda dengan teks-teks lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara tingkat penguasaan kosakata dengan kemampuan memahami hubungan kausalitas tes eksplanasi. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Data diperoleh melalui instrumen tes dari kedua variabel. Populasi dari penelitian ini ialah seluruh siswa kelas XI IBB SMA Laboratorium Malang. Peminatan IBB (Imu Bahasa dan Budaya) dipilih karena siswa yang telah masuk ke peminatan ini telah terseleksi dan mempunyai minat dan bakat di bidang bahasa. Kelas XI dipilih karena materi teks eksplanasi terdapat pada kelas XI. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kedua variabel saling berhubungan. Hubungan antar variabel bernilai positif yang artinya semakin tinggi nilai variabel tingkat penguasaan kosakata maka semakin tinggi pula nilai variabel kemampuan memahami hubungan kausalitas teks eksplanasi dan sebaliknya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267243

Actions (login required)

View Item View Item