Pengembangan media busy book untuk kemampuan berhitung pada anak tunagrahita di SLB Idayu 2 Pakis, Malang / Nisa'ul Mutmainah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media busy book untuk kemampuan berhitung pada anak tunagrahita di SLB Idayu 2 Pakis, Malang / Nisa'ul Mutmainah

Mutmainah, Nisa'ul (2022) Pengembangan media busy book untuk kemampuan berhitung pada anak tunagrahita di SLB Idayu 2 Pakis, Malang / Nisa'ul Mutmainah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan studi terdahulu yang dilakukan oleh peneliti di SLB Idayu 2 Pakis tahun ajaran 2021-2022 pada proses pembelajaran matematika guru menjelaskan materi tentang penjumlahan ditemukan beberapa masalah dalam pembelajaran. Anak dengan gangguan kecerdasan kerap kali menemui kesulitan dalam memahami konsep matematika antara lain (1) anak tidak mampu menghitung tanpa adanya bantuan benda nyata (2) anak perlu adanya motivasi untuk percaya diri dalam berhitung penjumlahan (3) anak mudah bosan ketika belajar berhitung penjumlahan (4) anak sering teralihkan kefokusannya ketika belajar penjumlahan. Sehingga diperlukan suatu media pembelajaran untuk membantu siswa dalam belajar matematika yang bersifat abstrak. Materi yang disajikan dalam media harus bersifat simbolik juga dikemas menarik dengan berbagai macam warna dan kegiatan. Sehingga media ini dapat meningkatkan motivasi untuk belajar berhitung pada siswa tunagrahita. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan Menghasilkan media Busy Book untuk meningkatkan kemampuan berhitung penjumlahan dan melatih kemampuan motorik halus siswa tunagrahita. Metode yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini yakni metode Borg and Gall. Menggunakan sepuluh tahap namun didalam penelitian ini hanya menggunakn lima tahap yakni (1) penelitian dan pengumpulan informasi (2) melakukan perencanaan (3) mengembangkan produk awal (4) pengujian lapangan awal (5) revisi produk. Instrument pengumpulan data menggunakan angket dokumentasi angket respon siswa dan tes. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari validasi materi pembelajaran menunjukkan presentase sebesar 92 94%. Hasil validasi media menunjukkan nilai persentase sebesar 77 08%. Sedangkan validasi oleh guru atau praktisi mendapat nilai sebesar 93 22%. Hasil yang didapat dari validasi materi pembelajaran validasi media validasi praktisi masuk dalam kategori valid dan perlu sedikit revisi. Selanjutnya hasil uji coba kelompok/kelas mendapat nilai dengan sebesar 86% dengan tingkat penguasaan baik. Standart nilai (KKM) yakni 70 dengan nilai siswa berada di atas rata-rata sebanyak 100%. Nilai angket respon siswa terhadap media Busy book ini sebesar 91% sehingga dari hasil uji coba produk melalui respon siswa mendapat kategori sangat baik. Busy Book merupakan buku yang terbuat dari kain flannel mempunyai warna-warna yang cerah disetiap lembarnya terdapat permainan yang dapat mengembangkan kemampuan kognitif terutama kemampuan berhitung pada anak. Saran pemanfaatan yakni media ini dapat membantu siswa tunagrahita dalam belajar berhitung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Oct 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267212

Actions (login required)

View Item View Item