Pengaruh metode picture exchange communication system (PECS) dalam meningkatkan kemampuan menyusun kalimat untuk anak tunagrahita kelas VII SMP di SLB Wdya Shantika Malang / Nanda Aulia Eka Pratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode picture exchange communication system (PECS) dalam meningkatkan kemampuan menyusun kalimat untuk anak tunagrahita kelas VII SMP di SLB Wdya Shantika Malang / Nanda Aulia Eka Pratiwi

Pratiwi, Nanda Aulia Eka (2022) Pengaruh metode picture exchange communication system (PECS) dalam meningkatkan kemampuan menyusun kalimat untuk anak tunagrahita kelas VII SMP di SLB Wdya Shantika Malang / Nanda Aulia Eka Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengaruh Metode Picture Exchange Communication System (PECS) Dalam Meningkatkan Kemampuan Menyusun Kalimat Untuk Anak Tunagrahita Kelas VII SMP Di SLB Widya Shantika Nanda Aulia Eka Pratiwi Mohammad Efendi Muchammad Irvan Metode PECS adalah suatu pendekatan atau metode pembelajaran yang dapat menggembangkan kemampuan komunikasi dan interaksi anak autis maupun tunagrahita agar potensi yang mereka miliki akan berkembang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode PECS dapat meningkatkan kemampuan menyusun kalimat sederhana dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan baik dan mandiri tanpa bantuan metode PECS untuk Siswa Tunagrahita Kelas VII SMP di SLB Widya Shantika Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penelitian eksperimen. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian One group pretest posttest design (rancangan prates pasca tes satu kelompok). Hasil penelitian pengaruh Metode PECS menunjukkan bahwa kemampuan menyusun kalimat siswa kelas VII tunagrahita di SLB Widya Shantika sebelum dibelajarkan menggunakan metode PECS didapatkan nilai 60 yang artinya kurang. dapat diketahui dari nilai rata-rata post test sebesar 80 yang artinya baik sesudah dapat perlakuan dengan metode PECS. Saran yang dapat disampaikan adalah untuk peneliti selanjutnya dapat melengkapi kekurangan dalam penelitian ini diantaranya dapat memodifikasi tata cara penggunaan media PECS ini sesuai dengan materi yang akan disampaikan. Bagi guru disarankan untuk menerapkan pembelajaran dengan menggunakan media PECS khususnya dalam pembelajaran bahasa dengan materi menyusun kalimat untuk meningkatkan prestasi belajar sehingga siswa tertarik untuk mengkuti pembelajaran. Kemudian untuk sekolah diharapkan membuat program pelatihan pemanfaatan media PECS bagi guru-guru dengan tujuan untuk memberikan bekal kepada guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Oct 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267207

Actions (login required)

View Item View Item