Pengaruh intervensi orangtua terhadap kemampuan berhitung Anak Tunagrahita / Akfina Faizah Hikmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh intervensi orangtua terhadap kemampuan berhitung Anak Tunagrahita / Akfina Faizah Hikmah

Hikmah, Akfina Faizah (2022) Pengaruh intervensi orangtua terhadap kemampuan berhitung Anak Tunagrahita / Akfina Faizah Hikmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keterlibatan orangtua memiliki pengaruh besar terhadap perkembangan anak tunagrahita utamanya dalam segi kognitif. Berdasarkan hasil observasi awal ditemukan dugaan bahwa ada pengaruh Intervensi Orangtua Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Tunagrahita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil adanya pengaruh dari Intervensi Orangtua (X) terhadap kemampuan berhitung (Y) anak tunagrahita. Teori terdahulu ditemukan bahwa anak tunagrahita memiliki faktor penunjang ketercapaian perkembangan kognitif salah satunya dipengaruhi oleh bentuk dan instensitas intervensi yang diberikan orangtua maka berdasarkan latarbelakang tersebut penelitian ini penting untuk dilakukan. Pendekatan penelitian dilakukan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian korelasional. Teknik pengambilan data yang digunakan melalui kuisioner atau angket untuk pengujian variabel X dan tes soal kemampuan berhitung untuk pengujian variabel Y. Selanjutnya data dianalisis menggunakan Korelasional Rank Spearmen. Sampel dalam penelitian adalah 8 orangtua beserta anak tunagrhita di SLBN Batu. Hasil penelitian menunjukkan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh atau hubungan signifikan yang ditemukan dari intervensi orangtua (X) terhadap kemampuan berhitung anak tunagrahita (Y). Dimana dari hasil pengujian didapatkan hasil nilai korelasi rho 0 03 dan taraf signifikansi 0.05 maka dengan demikian Ho Ditolak dan Ha diterima sehingga ada pengaruh bermakna apabila pengambilan keputusan jika nilai sig lt 0 05 atau rho hitung gt rho tabel. Disimpulkan dalam penelitian ini adalah bahwasannya terdapat pengaruh antara Intervensi orangtua (X) dengan kemampuan berhitung anak tunagrahita (Y).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267204

Actions (login required)

View Item View Item