Pengaruh metode eksperimen mencampur warna terhadap kemampuan mengenal warna pada Anak Tunarungu kelas ii SDLB-B YPTB Malang / Elsafa Maynada Rahmadani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode eksperimen mencampur warna terhadap kemampuan mengenal warna pada Anak Tunarungu kelas ii SDLB-B YPTB Malang / Elsafa Maynada Rahmadani

Rahmadani, Elsafa Maynada (2022) Pengaruh metode eksperimen mencampur warna terhadap kemampuan mengenal warna pada Anak Tunarungu kelas ii SDLB-B YPTB Malang / Elsafa Maynada Rahmadani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahmadani Elsafa Maynada 2018. Pengaruh Metode Eksperimen Mencampur Warna Terhadap Kemampuan Mengenal Warna Pada Anak Tunarungu Kelas II SDLB-B YPTB Malang. Skripsi Departemen S1 Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Prof. Dr. Mohammad Efendi M.Pd M.Kes (2) Drs. H. Abd. Huda M.Pd Kata kunci Metode Eksperimen Mengenal Warna Tunarungu Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya kemampuan mengenal warna pada anak tunarungu kelas II SDLB-B YPTB Malang. Pembelajaran mengenal warna pada siswa tunarungu seringkali mengalami kendala kendala tersebut salah satunya berasal dari faktor ketunarunguannya yang berdampak pada gangguan komunikasinya. Sehingga bahasa merupakan kendala yang dialami siswa dalam pembelajaran mengenal warna. Sehingga dibutuhkan metode yang sesuai dengan karakteristik siswa tunarungu sehingga dapat mempermudah pembelajaran. Dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan mencampur warna untuk uji coba kemampuan mengenal warna pada anak sehingga dapat meningkat secara maksimal. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode eksperimen mencampur warna terhadap kemampuan mengenal warna pada anak tunarungu kelas II SDLB-B YPTB Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain rdquo one group pretest-posttest design rdquo . Subyek penelitian adalah seluruh anak kelas II SDLB-B YPTB Malang dengan jumlah 5 orang anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan mengenal warna. Berdasarkan analisis data diperoleh rata-rata hasil pretest sebesar 54 dengan nilai tertinggi 70 dan nilai terendah 30 dan hasil posttest menunjukkan rata-rata 80 dengan nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 70. Dengan hasil demikian dapat dikatakan kemampuan mengenal warna pada anak meningkat ini berarti bahwa ada pengaruh metode eksperimen mencampur warna terhadap kemampuan mengenal warna pada anak. Saran dari penelitian ini adalah untuk dapat meningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak dengan menggunakan variasi dan inovasi metode dalam pembelajarannya seperti dengan metode eksperimen. Dengan metode tersebut anak dapat membuktikan sendiri sesuatu yang dipelajari. Dan sekolah dapat memberikan dan meningkatkan kualitas sarana dan prasarana dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267203

Actions (login required)

View Item View Item