Meningkatkan kecerdasan spasial bangun ruang melalui origami pada anak tunagrahita kelas vii SLBC Autis Negeri Kedungkandang / Elsa Edhri Raka Siwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan kecerdasan spasial bangun ruang melalui origami pada anak tunagrahita kelas vii SLBC Autis Negeri Kedungkandang / Elsa Edhri Raka Siwi

Siwi, Elsa Edhri Raka (2021) Meningkatkan kecerdasan spasial bangun ruang melalui origami pada anak tunagrahita kelas vii SLBC Autis Negeri Kedungkandang / Elsa Edhri Raka Siwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anak dengan hambatan intelektual atau biasa disebut dengan anak tungrahita adalah anak yang memiliki hambatan pada perkembangan mental-intelektual yang ada di bawah rata-rata dimana menyebabkan individu mengalami kesulitan dalam menyelesaikan tugas-tugasnya dan bersosialisasi pada lingkungannya sehingga individu memerlukan layanan khusus. Anak dapat disebut tunagrahita jika memiliki kriteria yang salah satunya mengalami hambatan dalam fungsi intelektual seperti berpikir abstrak penalaran pembelajaran akademik dan lainnya. Berpikir abstrak berhubungan dengan kecerdasan spasial. Kecerdasan spasial berkaitan erat dengan penggunaan bangun ruang. Dengan demikian kecerdasan spasial membantu membentuk keadaan mental dan memanipulasi gambar dalam pikiran. Salah satu pembelajaran yang membutuhkan kecerdasan spasial adalah Geometri. Hal ini menjadikan dalam proses belajarnya anak tunagrahita memerlukan media yang konkret. Salah satu media yang dapat digunakan untuk meningkatkan kecerdasan spasial adalah origami. Selain mudah untuk didapatkan dalam melipat origami banyak menggunakan istilah keruangan contohnya ke atas ke bawah kiri kanan dan lain sebagainya. Yangmana hal ini dapat melatih kecerdasan spasial bangun ruang anak. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui kecerdasan spasial bangun ruang anak sebelum menggunakan origami. (2) Mengetahui kecerdasan spasial bangun ruang anak setelah dilakukan intervensi. (3) Mengetahui pengaruh intervensi terhadap kecerdasan spasial bangun ruang anak. Penelitian ini menggunakan metode Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Subjek penelitian berjenis kelamin perempuan dengan umur 14 tahun. Analisis data pada penelitian ini ada dua yaitu analisis data dalam kondisi serta analisis data antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dengan mean level pada kondisi baseline 1 (A1) sebesar 38 81% ke kondisi intervensi sebesar 63 72% dank e baseline 2 (A2) sebesar 79 83%. Perhitungan overlap pada kondisi baseline 1 (A1) ke intervensi maupun dari kondisi intervensi ke baseline 2 (A2) sebesar 0%. Hal ini menyatakan bahwa media origami berpengaruh terhadap kecerdasan spasial bangun ruang anak tunagrahita. Saran dari penelitian ini antara lain (1) Sekolah dapat mengadakan dan menyediakan kertas origami sebagai salah satu upaya meningkatkan kecerdasan spasial bangun ruang anak. (2) Guru dapat menggunakan origami sebagai media pembelajaran edukatif guna menyampaikan pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal. (2) peneliti selanjutnya dapat meneliti mengenai keefektifan origami terhadap konsentrasi anak tunagrahita.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267202

Actions (login required)

View Item View Item