Pengaruh realitas virtual terhadap peningkatan keterampilan berbelanja anak tunagrahita di SDLB Idayu Malang / Yovie Alamsyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh realitas virtual terhadap peningkatan keterampilan berbelanja anak tunagrahita di SDLB Idayu Malang / Yovie Alamsyah

Alamsyah, Yovie (2022) Pengaruh realitas virtual terhadap peningkatan keterampilan berbelanja anak tunagrahita di SDLB Idayu Malang / Yovie Alamsyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anak tunagrahita adalah anak dengan keterbatasan dalam perilaku adaptif dan fungsi intelektualnya. Sebagai salah satu implementasi dari perilaku adaptif keterampilan berbelanja menjadi titik keterbatasan pada anak tunagrahita utamanya tunagrahita sedang. Penggunaan media belajar berupa realitas virtual menjadi satu dari banyak cara dalam rangka pembelajaran keterampilan berbelanja bagi tunagrahita. Realitas virtual dikenal sebagai media audiovisual yang interaktif karena penggunanya mampu berinteraksi secara nyata dengan lingkungan virtual yang disajikan. Tujuan penelitian ini terbagi menjadi tiga. Masing-masing dari mereka di antaranya untuk mengidentifikasi keterampilan berbelanja anak tunagrahita sebelum diintervensi mengidentifikasi keterampilan berbelanja anak tunagrahita sesudah diintervensi dan menganalisis pengaruh realitas virtual terhadap keterampilan berbelanja anak tunagrahita. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pra eksperimen one group pretest-posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah empat partisipan yang merupakan peserta didik tunagrahita sedang SDLB Idayu. Kegiatan penelitian ini terbagi menjadi tiga tahap prauji pemberian intervensi realitas virtual dan pascauji. Hasil penelitian memaparkan rerata prauji dan pascauji masing-masing senilai10 5 dan 25 5. Dengan nilai Z hitung -2 000 dan nilai Asymp.Sig. (2-tailed) sebesar 0 046 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga realitas virtual berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan berbelanja bagi anak tunagrahita di SDLB Idayu Malang. Mengacu kepada hasil yang telah diperoleh maka penelitian ini mampu menjadi rujukan bagi lembaga pendidikan khusus untuk menerapkan media realitas virtual dalam pembelajaran keterampilan berbelanja bagi tunagrahita. Bagi guru penelitian ini mampu dijadikan acuan dalam menerapkan realitas virtual dalam pembelajaran di kelas. Selain itu penelitian ini mampu menjadi referensi bagi peneliti selanjutnya dalam mengembangkan penelitian baru berbasis realitas virtual dalam pembelajaran bagi anak tunagrahita.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/267201

Actions (login required)

View Item View Item